Tiga Langkah Transformasi Pyridam Farma

Yenfrino Gunadi, Direktur PT Pyridam Farma Tbk

Pandemi Covid-19 memaksa banyak perusahaan untuk bertransformasi agar cepat beradaptasi dengan perubahan. PT Pyridam Farma Tbk merupakan salah satu perusahaan yang berhasil keluar dari masa sulit di tengah pandemi dengan mencatatkan pertumbuhan laba bersih hingga 137%.

Dalam acara Webinar SWA bertajuk “Indonesia Best Business Transformation”, Yenfrino Gunadi selaku Direktur PT Pyridam Farma Tbk mengungkapkan, meskipun farmasi merupakan sektor yang essensial, namun penjualan mengalami penurunan signifikan hingga 70% selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menghadapi tantangan tersebut perusahaan mengambil tiga langkah besar untuk tetap eksis di pasar.

Pertama, emiten farmasi ini melakukan relokasi kantor dan membuat jalur komunikasi serta data independen dengan pabrik, gudang, kantor head office dan cabang-cabang. “Ruangan kerja pun kami buat terbuka, sehingga bisa lebih interaktif antar divisi. Biasanya kami hanya menggunakan telepon dan pesan singkat sebagai media komunikasi,” jelasnya.

Kedua, perusahaan yang didirikan sejak tahun 1976 ini juga melakukan penyusunan ulang struktur organisasi agar lebih agile/mengikuti kebutuhan perubahan perilaku dan tantangan bisnis. “Struktur organisasi yang kurang efisien bisa menghambat decision making maupun perubahan pada saat itu juga,”kata Yenfrino.

Ketiga, melakukan pembenahan sistem yang dapat diakses secara realtime. “Awalnya kami masih manual dalam menerima laporan. Namun, menurutnya kunci utama dalam perubahan transformasi yakni dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). “Yang terpenting itu bagaimana cara berpikirnya dan mengubah mindsetnya,” ungkapnya. Ada empat prinsip yang diterapkan oleh manajemen selama transfromasi diantaranya professional, berpikir inovasi, team work dan agile. “Jadi untuk mengubah perusahaan harus dimulai dari karyawan sendiri,” tuturnya.

Hasilnya sebagai perusahaan terbuka perusahaan mengalami kenaikan 500% di harga saham. Tak hanya itu, dari sisi karyawan juga mengalami pertumbuhan 13%.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)