Tiket.com Digandeng Kemenpar Dorong 15 Destinasi Wisata Branding

Penandatanganan Kerjasama antara tiket.com dan Kemenpar

Tiket.com menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI dengan meluncurkan #tiketwonderfulindonesia. Sejak meneken nota kesepahaman menjadi mitra resmi co-branding Wonderful Indonesia pada Agustus 2017, Tiket berkomitmen untuk terus melanjutkan sinergi dengan Kemenpar dalam memajukan sektor pariwisata domestik dengan mengajak wisatawan berlibur ke Indonesia.

Peluncuran program ini dinilai sebagai langkah strategis untuk lebih agresif mengembangkan ekosistem. Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Marketing Officer Tiket.com mengatakan, sektor pariwisata tidak bisa berjalan sendirian. Oleh karena itu, perlu dibuat sebuah ekosistem yang dapat menyokong pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia. “Sektor ini harus memiliki ekosistem. Tiket.com akan berkontribusi di teknologi untuk mempush 15 destinasi wisata branding,” ujarnya.

Lebih jauh, melalui kerja sama ini, platform akan memusatkan untuk mengangkat 15 destinasi wisata branding yang telah ditetapkan oleh Kemenpar, yaitu meliputi Bandung, Bali, Jakarta, Kepulauan Riau, Joglosemar (Jogja-Solo-Semarang), Coral Wonders (Wakatobi-Bunaken-Raja Ampat), Makassar, Lombok, Banyuwangi, Danau Toba, Palembang, Labuan Bajo, dan Padang, dengan fokus menyasar pada destinasi untuk millenial.

Ada tiga senjata yang akan digunakan platform dalam membangun ekosistem tersebut, yakni berupa 3 pilar co-creation yang menyentuh seluruh komponen mulai dari Super Extraordinary Effort, Extraordinary Effort, dan Ordinary Effort.

Super Extraordinary Effort yakni dengan mendorong program Low Cost Terminal (LCT) dan Border Tourism. “Kami akan menyasar target Border Tourism, bagi turis yang membeli tiket pesawat menuju ke pulau Batam dengan memberikan free shuttle atau penjemputan gratis di Bandara Hang Nadim,” kata dia.

Selain itu, untuk program Extraordinary Effort, menurutnya, paltform akan memberikan hot deals untuk tiket pesawat dan hotel bagi turis yang ingin berkunjung ke 15 destinasi wisata branding. Semntara untuk Ordinary Effort, yakni dalam bentuk publikasi co-branding dari sisi konten kreatif mulai dari web series di kanal Youtube dan konten informasi berupa tulisan artikel pariwisata dalam blog tiket yang terhubung dengan media social untuk menjangkau milenial.

“Sejak 4 tahun lalu kami membentuk Sobat Jalan, mereka membuat konten yang berisi pengalaman jalan-jalan di wilayah-wilayah yang tidak terekspose di Indonesia. Dengan kerjasama ini, kami ingin bekerjasama dengan Generasi Pesona Indonesia (Genpi) milik Kemenpar,” ujar dia. Ke depan, Tiket.com akan mendatangkan influencer dari luar negeri untuk secara khusus membuat konten tentang 15 destinasi wisata branding.

Sementara itu, Menteri Parwisata RI, Arief Yahya, menyambut baik co-branding ini. “Dengan komunikasi brand Tiket.com yang menyasar millenial, diharapkan sektor pariwisata Indonesia bisa terbantu dalam menarik minat mereka untuk menjelajahi Indonesia dan dapat berkolaborasi dengan event kelas dunia di Indonesia yang turut membawa wisatawan mancanegara datang kesini,” kata dia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)