Tiki Dukung Pebisnis Ikan dan Tanaman Hias Distribusi Produknya

Selama pandemi COVID-19, volume pengiriman ikan dan tanaman hias meningkat signifikan. Bulan Austus dan Oktober 2020 peningkatan mencapai lebih dari 100 persen dari total volume pada periode Januari hingga Juli 2020.

Beberapa komoditas ikan hias yang mengalami peningkatan pengiriman antara lain ikan cupang, ikan guppy, louhan, cichlid, discus. Sementara tanaman hias mencakup philodendron, monstera, caladium, syingonium. Tujuan pengiriman terbesar di wilayah Jawa, diikuti Pontianak, Tarakan, Makassar, Batam, Medan dan beberapa kota lainnya di Sumatera.

PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki) berkomitmen jadi mitra pengiriman para penggemar dan pebisnis ikan dan tanaman hias melalui layanan menyeluruh mulai dari layanan pengemasan khusus, layanan pengurusan surat karantina, serta pilihan pengiriman via udara, laut dan darat yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Tiki juga berinisiatif melakukan edukasi terkait aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam pengiriman ikan dan tanaman hias, serta kebijakan yang berlaku untuk pengiriman jalur udara antara lain terkait biaya surcharge, batas minimum berat kiriman dan surat karantina.

“Meningkatnya hobi ikan dan tanaman hias yang terjadi selama pandemi ini, perlu dibarengi dengan pemahaman terkait keamanan pengiriman dan kebijakan yang berlaku terutama dari otoritas angkutan udara. Mengingat ikan dan tanaman hias termasuk dalam kategori Special Cargo yang membutuhkan penanganan khusus. Hal ini sangat penting agar proses pengiriman dapat berjalan dengan lancar, aman dan diterima dalam kondisi yang baik," jelas Yulina Hastuti, Presiden Direktur Tiki pada sambutannya di Talkshow Media Virtual bertemakan “Mendulang Untung di Masa Pandemi”(26/11/2020).

Yuliana melanjutkan dalam kegiatan edukasi, Tiki menggandeng influencer dan pelaku bisnis ikan dan tanaman hias yaitu Muhammad Rizky Rakayanto, founder Fishkinianofficial dan Anjar, founder Delfawood untuk juga berbagi tips cara berbisnis yang sukses serta merawat ikan dan tanaman hias agar layak jual. "Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan kami untuk turut berkontribusi dalam pengembangan pelaku UMKM di sektor ini,” imbuhnya.

Dalam talkshow tersebut dijelaskan beberapa aspek yang perlu diperhatikan dan tips ketika melakukan pengiriman ikan dan tanaman hias. Pertama, kebijakan berat minimal kiriman Special Cargo untuk penerbitan Surat Muatan Udara (SMU) adalah minimal 10 Kg. Untuk menyiasati tarif pengurusan Surat Muatan Udara ini, biasanya jasa kurir akan membantu menggabungkan pengiriman dari beberapa pengusaha budidaya ikan dan tanaman hias dengan tujuan yang sama agar dikirim dalam satu SMU. Atau biasanya anggota komunitas budidaya ikan atau tanaman hias juga sering berkomunikasi satu sama lain untuk menggabungkan pengirimannya.

Kedua, biaya surcharge adalah biaya penanganan, mengingat ikan dan tanaman membutuhkan penanganan khusus dan tidak bercampur dengan barang lainnya dalam kategori genco (general cargo). Ketiga, pengurusan surat karantina. Ikan dan tanaman hias merupakan jenis kargo dengan kategori Special Cargo sehingga dibutuhkan surat karantina sebagai surat jalan yang menjadi persyaratan untuk pengiriman ikan dan tanaman hias ke luar pulau. Tiki memiliki layanan pengurusan surat karantina yang akan semakin memudahkan pelanggan.

Keempat, perhatikan kerapian dan ketepatan penggunaan media untuk pengemasan produk yang akan dikirim agar menjaga kondisi produk tetap aman. Penting juga untuk mengondisikan ikan dan tanaman tersebut agar kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi selama dalam pengiriman. Contohnya untuk media pengiriman tanaman sebaiknya memperhatikan ukuran tanaman tersebut apakah cukup menggunakan kardus atau harus menggunakan kayu pallet. Akar tanaman juga sebaiknya dibungkus tanah yang telah diberi nutrisi. Untuk pengiriman ikan, periksa ph air dan oksigen dalam air cukup selama pengiriman. Lapisi plastik ikan dengan koran dan gunakan Styrofoam.

Dalam layanan pengiriman ikan dan tanaman hias ini, Tiki menyediakan berbagai pilihan produk layanan. Untuk pengiriman yang mengutamakan kecepatan, TIKI memiliki produk Over Night Service dan Two Days Service . Sementara untuk pengiriman dengan biaya yang ekonomis, TIKI memiliki produk Regular dan Economy. “Dengan berbagai pilihan produk layanan ini, penjual maupun pembeli memiliki fleksibilitas disesuaikan dengan kebutuhan pengirimannya. Tentunya dengan kualitas layanan yang terbaik," ujar Yulina.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)