Tiki Luncurkan Program PSBB untuk Dukung Pelaku UMKM

PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki) menyelenggarakan program Pasar Seru Belanja Bersama (PSBB) Tiki #dariLokaluntuklokal. Program ini merupakan hasil kerja sama Tiki dengan Grebe.

PSBB merupakan program bagi para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) untuk memasarkan brand dan produknya melalui platform promosi milik Tiki dan Grebe. Selain itu, program ini juga akan melakukan pendampingan terhadap UMKM yang terlibat.

“Sektor UMKM memiliki peranan penting dalam menggerakkan roda perekonomian daerah. Program PSBB Tiki dilatarbelakangi oleh kesamaan nilai yang dijunjung Tiki dan Grebe untuk berbagi sumber daya, pengalaman dan wawasan di bidangnya yang diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan bisnis pelaku UMKM di Indonesia,” kata Yulina Hastuti, Presiden Direktur Tiki.

Selain program kerja sama dengan Grebe, perseroan juga mengadakan webinar dengan mengundang para pakar di bidang bisnis pemasaran. Webinar tersebut dilaksanakan secara terbuka dan tidak dipungut biaya. Adapun peserta yang disaring dalam kegiatan PSBB Tiki adalah sebanyak 180 UMKM dari seluruh Indonesia.

Saat ini, telah terpilih 30 UMKM yang akan mengikuti Program PSBB Tiki. Program ini akan berlangsung selama 3 bulan, yakni dari bulan Desember 2020 hingga Februari 2020 dan ditujukan untuk tiga kategori produk, yaitu apparel atau fesyen & aksesoris, perlengkapan wanita dan kategori lain-lain, yang mencakup makanan & minuman, hobi, otomotif, dan sebagainya.

Dari masing-masing kategori, akan dipilih sebanyak 10 UMKM. Para pelaku UMKM ini nantinya akan diberikan kesempatan untuk  display produk di outlet Grebe selama sebulan, mempromosikan produknya di media sosial dan webstore Grebe, serta mengikuti program pendampingan dari Tiki dan Grebe terkait entrepreneurship, pemasaran digital dan pengiriman. Sementara itu, 150 UMKM yang belum terpilih akan tetap mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan produknya di media sosial Tiki.

“Memiliki strategi pemasaran digital yang efektif dan tepat sasaran sangat lah penting untuk dapat meningkatan penjualan. Hal ini juga harus didukung dengan bagaimana pelaku bisnis dapat memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan interaktif bagi calon pembeli. Grebe sebagai O2O marketplace menyediakan platform ini kepada para pelaku UMKM Indonesia dan menciptakan ekosistem yang kolaboratif,” kata Timothy Pieter Pribadhi, Co-founder Grebe menambahkan.

Sebelumnya, Tiki telah meluncurkan layanan terbaru untuk para UMKM dalam memasarkan produknya via online, yakni Layanan Seller Online Booking (SERLOK). Layanan tersebut memberikan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan transaksi pengiriman dengan Tiki, antara lain gratis pick up barang, diskon 18 persen biaya pengiriman, kemudahan pembayaran mulai dari fasilitas Cash on Delivery hingga pelunasan H+2 setelah transaksi.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)