TikTok Shop Dilarang, 3 Media Sosial Ini Juga Menyediakan Fitur Berjualan | SWA.co.id

TikTok Shop Dilarang, 3 Media Sosial Ini Juga Menyediakan Fitur Berjualan

TikTok Shop. tiktok.com
TikTok Shop. tiktok.com

Pada 25 September 2023, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, mengumumkan bahwa Presiden Joko Widodo menata kembali soal social commerce (seperti yang dilakukan TikTok Shop). Yakni melalui revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Dalam peraturan baru tersebut, pemerintah melarang media sosial seperti TikTok untuk berjualan. Zulkifli Hasan berkata bahwa media sosial hanya boleh sebatas promosi barang atau jasa, bukan transaksi langsung. Menurutnya, media sosial dan ekonomi harus dipisahkan.

Sebenarnya selain TikTok, terdapat media sosial lain yang dapat digunakan untuk berbisnis. Namun di media sosial ini, pengguna tidak dapat melakukan transaksi langsung. Berikut adalah beberapa media sosial selain TikTok yang dapat digunakan untuk berbisnis.

1. Facebook

Di media sosial Facebook, terdapat fitur Facebook Shop untuk membuat satu toko online yang dapat diakses oleh pelanggan di Facebook dan Instagram. Dilansir dari Meta, Facebook Shops dapat dibuat gratis dan sederhana.

Pengguna yang membuka Facebook Shops dapat memilih produk yang ingin mereka tampilkan dari katalog mereka dan kemudian menyesuaikan tampilan dan nuansa toko mereka dengan gambar sampul dan warna aksen yang menampilkan merek mereka.

Orang-orang dapat menemukan Facebook Shops di Facebook Page atau profil Instagram bisnis, atau menemukannya melalui cerita atau iklan. Nantinya, pengguna dapat menelusuri koleksi lengkap, menyimpan produk yang diminati, dan melakukan pemesanan. Pemesanan ini dapat dilakukan baik di situs web bisnis atau tanpa keluar dari aplikasi jika bisnis tersebut telah mengaktifkan pembayaran. Pembayaran langsung ini baru dapat dilakukan di Amerika Serikat.

2. Instagram

Tak jauh berbeda dengan Facebook, Instagram juga memiliki fitur Instagram Shops yang dapat memudahkan pemilik usaha untuk membuka usahanya. Dilansir dari Instagram, Instagram Shops dapat dibuka gratis.

Di Instagram, pembuka usaha dapat membuat katalog sendiri dengan foto dan video. Di sana juga terdapat halaman detail produk untuk mempermudah pelanggan melihat produk. Untuk pembayarannya sendiri, pengguna dapat melakukan transaksi langsung di Instagram. Namun, saat ini hal tersebut masih memungkinkan di Amerika Serikat.

3. LINE

LINE memiliki fitur LINE SHOPPING untuk portal belanja secara luring. Di fitur LINE SHOPPING, tersedia perbandingan harga untuk pengguna. Hal ini akan memudahkan dalam menemukan harga terbaik.

Pengguna LINE SHOPPING memang mungkin saja mendapatkan diskon. Namun untuk pembayarannya, pengguna harus melakukannya di halaman penjual. Detail cara pembayaran dikembalikan kepada penjual masing-masing.

Sumber: Tempo.co

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)