Tim Sixpact Raih Gelar Regional Grand Champion ICAEW 2020

Ajang kompetisi The Institute of Chartered Accountant in England and Wales (ICAEW) China and South-East Business Challenge 2020 China and South-East Asia Business Challenge yang berakhir pada hari Kamis, 14 Mei 2020 menobatkan Tim Sixpact dari Trisakti School of Management yang mewakili Indonesia sebagai peraih gelar Regional Grand Champion.

Grand Final yang telah diadakan selama enam tahun berturut-turut tersebut dikemas secara online untuk pertama kalinya tahun ini, menampilkan 12 tim finalis dari Cina, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Vietnam. Kompetisi regional yang disponsori oleh Deloitte Southeast Asia dan Grup Maybank tersebut bertujuan untuk menentukan dan mengembangkan generasi pemimpin bisnis regional masa depan.

Ke-12 tim finalis merupakan para pemenang kompetisi tingkat nasional di negaranya masing-masing (pra-seleksi) di awal tahun 2020, yang telah dipilih melalui persaingan secara ketat dengan berbagai tahap pengujian mulai dari pengetahuan komersial, bakat hingga kompetensi bisnis. Mereka telah menyisihkan ratusan peserta dari berbagai universitas terkemuka di China, Indonesia, Malaysian, Myanmar, Singapura dan Vietnam.

Di tahap grand final, seluruh tim bersaing secara virtual dengan melakukan presentasi yang menunjukan kemampuan beradaptasi dan berkomunikasi serta kerja sama dalam tim. Di tahap ini, para peserta mendapatkan peran sebagai penasihat bisnis yang ditugaskan untuk menganalisa kasus bisnis dan mempresentasikan solusi bisnisnya di hadapan panel juri.

Panel juri tahun ini terdiri dari para eksekutif dan pimpinan senior di bidang akuntansi, bisnis dan profesi keuangan dari enam negara, terutama anggota ICAEW Chartered Accountants:
Mark Billington FCA BFP, Regional Director, ICAEW Greater China and South-East Asia; Yingwen Li ACA, Finance Director, Airbnb China; Nick Holder FCA, Chief Financial Officer Prudential Indonesia; Aneesha Veriah ACA, Director Rabin & Associate Malaysia; Kim Chawsu FCA, Founder of K. Academy Myanmar
Jeremy Phua, Audit and Assurance Partner Delloite Siangpore; Hoa Nguyen ACA BFP, Senior Manager Financial Advisory Delloite Southeaset Asia.

Melalui platform virtual, tim Sixpact yang terdiri dari 6 mahasiswa jurusan Akuntansi Trisakti School of Management- yaitu Kevin Edrick, Dahlia Gunawan, Rohan, Nina, Leonardo Kevin dan Alfredo Arinda - telah menunjukan kerja sama yang sempurna dan berhasil memenangkan hati para juri dengan penampilan mengesankan atas presentasi, ketrampilan analitis dan kecerdasan bisnis yang ditunjukkan. Atas keberhasilan yang dicapai tersebut, mereka berhak memperoleh sebuah trofi eksklusif serta paket perjalanan gratis ke London, termasuk kunjungan ke kantor pusat ICAEW yang ikonik, Chartered Accountants’ Hall.

Mark Billington, ICAEW Regional Director, Greater China and South-East Asia mengatakan, di tengah masa yang menantang saat ini, pihaknya melihat langsung betapa cepatnya para mahasiswa menyesuaikan diri dengan norma-norma baru dalam bekerja secara virtual. ICAEW menciptakan kembali pengalaman dalam sebuah format virtual tahun ini dan terus berperan dalam mencari dan mengembangkan talenta-talenta generasi mendatang di bidang bisnis, akuntansi dan keuangan. Berkat dukungan para sponsor regional dan partner pendidikan tinggi, berbagai prakarsa seperti ajang ICAEW China and South-East Asia Business Challenge terus menjadi sebuah platform penting bagi para mahasiswa untuk mempertajam kecerdasan dan meningkatkan eksposur mereka terhadap berbagai pengalaman bisnis yang nyata.

Kevin, Ketua Tim Sixpact dari Indonesia mengatakan. “Berpartisipasi dalam ICAEW China and South-East Asia Business Challenge telah memberikan pengalaman dan wawasan yang sangat berharga. “Kompetisi ini tidaklah mudah, tetapi tim kami berhasil mengatasi semua hambatan selama kompetisi. Sebuah kehormatan bagi kami karena telah dinobatkan sebagai juara Grand Regional dalam kompetisi ini. Ke depan, kami akan terus berpartisipasi dalam berbagai kompetisi mahasiswa yang digelar oleh ICAEW,” tambahnya.

Ia menegaskan, kemenangan ini merupakan hadiah yang membanggakan di tengah pandemi global. “Hadiah kemenangan ini kami persembahkan untuk Indonesia, almamater dan keluarga kami. Melalui kemenangan ini, kami berharap dapat memberikan motivasi kepada anak-anak muda Indonesia lainnya khususnya para akuntan muda untuk mau dan semangat dalam mengikuti berbagai kompetisi. Tampilkan yang terbaik, tunjukkan kemampuan melalui berbagai ajang kompetisi, baik lokal maupun nasional, termasuk kompetisi ICAEW Business Challenge,“ ujar Kevin.

Kemenangan yang diraih tim Sixpact tahun ini telah menempatkan Indonesia sebagai juara Grand Final ICAEW China and South-East Asia Business Challenge selama tiga tahun berturut turut sejak tahun 2018.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)