Tingkatkan Kompetensi Demi Pemimpin Internal

Founder & Managing Director PT NBO Indonesia, Suzanna Hartawan (kiri).

Menjadi perusahaan yang berhasil menciptakan pemimpinnya dari dalam adalah contoh perusahaan yang terkelola dengan baik dan suistanable. Dengan keahlian itulah, perusahaan dapat menjaga masa depan bisnisnya dan kinerja melalui pemimpin-pemimpin ciptaannya.

Menurut Suzanna Hartawan, Founder & Managing Director PT NBO Indonesia, perusahaan harus fokus mulai dari strategi human capital hingga learning & development. Hal itu akan sangat terhubung dengan bisnis perusahaan sehingga mampu mencetak pemimpin yang bagus. “Kebanyakan yang terjadi, human capital perusahaan mempekerjakan orang terbaik, namun tidak dikembangkan. Jika ini dilakukan tetap saja orang tersebut tidak akan bisa tumbuh dan berkembang,” terangnya.

Perusahaan membangun kekuatan calon pemimpin secara bertahap sesuai dengan kompetensi yang harus dilakukan. Perusahaan yang bagus akan memberikan pelatihan yang bagus pada talent terbaiknya. Meskipun pada akhirnya akan mudah di bajak perusahaan lain, baginya itu bukan suatu kerugian. “Talent tersebut akan menjadi ambasador yang baik bagi perusahaan. Kita tidak perlu khawatir karena di dalam perusahaan masih banyak talent terbaik lainnya,” jelasnya.

Wanita yang pernah terpilih sebagai Partner of the Year Award from NBO Group Worldwide menekankan bahwa perusahaan tidak boleh menganggap ini adalah kerugian bagi perusahaan. “Dari paparan para finalis SWA Creating Leader from Within justru kita bisa melihat yang menerapkan pengembangan talent dengan sangat baik justru memliki retantion yang rendah, turn over 3%, lebih kecil dari yang diharapkan,” ujarnya. Karyawan menjadi nyaman dan loyalitaspun terbentuk. Loyalitas didapat bukan dari gaji besar saja, tapi kesempatan mereka untuk terus tumbuh.

Susanna menjelaskan SWA Creating Leaders From Within sangat penting bagi perusahaan di Indonesia karena banyak perusahaan perlu pemimpin andal dari dalam. Jika pemimpin diambil dari luar tentunya terlalu mahal dan kadang tidak sesuai dengan kultur perusahaan. Menurutnya, perusahaan yang melatih dan membentuk pemimpin dari dalam tentunya mereka lebih mengenal kultur perusahaan, nilai-nilai yang dianut, mudah diterima oleh tim, dan yang paling penting loyalitas.

Tahun ini, SWA Creating Leaders From Within memberikan peningkatan kualitas pada peserta dari tahun-tahun sebelumnya. Kualitas yang diberikan membuat sulit untuk mengambil keputusan karena dirasakan sangat banyak yang berimbang. Baginya, saat ini banyak perusahaan besar yang telah menerapkan Talent Management, serta bagaimana menemukan talent yang potensial dan membentuknya lewat program-program yang jitu. Kondisi ini memberikan kesempatan talent yang biasa menjadi menguasai kompetensi yang dapat menunjang pekerjaan atau posisi mereka untuk menjadi pemimpin.

 

Reportase: Herning Banirestu

 

www.Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)