Tingkatkan Kunjungan Wisman, Kemenpar dan Booking.com Bermitra

Deputi Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya (kiri)

Sebagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan wisatawan mancanegara ke Indonesia, Kementerian Pariwisata RI dengan kampanye Wonderful Indonesia bermitra dengan Booking.com.

Deputi Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata, Nia Niscaya, mengatakan, saat ini 70% orang searching destinasi wisata lewat Internet. Booking.com menjadi salah satu perusahaan perjalanan global terbesar, setiap harinya di dunia ada 1,5 juta booking melalui website ini.

Ada tiga hal yang disepakati dalam kemitraan ini, di antaranya pertama, situs Wonderful Indonesia yakni Indonesia.travel dengan pemesanan akomodasi secara langsung melalui widget Booking.com. Melalui widget ini, para turis dari 8 negara yakni Belanda, Jerman, Inggris, Perancis, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Thailand, dan Taiwan dapat langsung memesan dan melakukan pembayaran di Booking.com. Mereka juga dapat mengganti dengan bahasa negara masing-masing.

“Logo Wonderful Indonesia juga akan ada di laman Booking.com,” ujar Nia di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (26/04/2019).

Kedua, Booking.com akan memberikan rewards untuk pelanggan yang membeli produk Indonesia melalui situs mereka. Lalu ketiga, Booking.com akan menggelar workshop dengan para penyedia akomodasi di 10 destinasi wisata utama Indonesia mulai dari Batam, Yogyakarta, Banyuwangi, Labuan Bajo, Lombok, Bali, Medan, Bandung, Makasar, dan Raja Ampat.

Wakil Presiden dan Direktur Pelaksana Booking.com Asia-Pasifik, Angel Llul Mancas, mengatakan, “Bagi kami Indonesia adalah pasar yang sangat penting dan memiliki potensi pertumbuhan yang besar, tidak hanya untuk wisatawan internasional atau domestik, tapi juga untuk para penyedia akomodasi."

Adapun topik yang disampaikan mengenai praktik terbaik pemasaran digital seperti bagaimana memastikan konten yang memiliki tingkat konversi yang tinggi, memahami para pemesan online dan tren pasar, dan strategi tarif online secara umum. Workshop pertama telah dilakukan pada 12 April di Batam dengan 50 peserta.

“Pemahaman yang lebih jelas tentang cara terbaik untuk menjangkau pelanggan secara online adalah hasil yang diinginkan dari pelaksanaan workshop ini,” ujar Angel.

Kemitraan ini akan berjalan selama tiga tahun, dan akan dilakukan review setiap tahunnya terkait dengan peningkatan jumlah wisatawan dari kerja sama ini. “Harapan kami kerja sama ini akan berjalan sukses dan ujungnya ada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara,” tutur Nia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)