Tips Berburu Kendaraan Baru di IIMS 2017

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang diadakan oleh Dyandra Promosindo

Hanya beberapa hari lagi, Indonesia Internasional Motor Show 2017 akan digelar. Pada 27 April hingga 7 Mei mendatang, perhatian masyarakat dan para agen pemegang merek akan terpusat di kawasan JIExpo Kemayoran, tempat dihelatnya pameran yang sudah digelar secara rutin setiap tahun.

Ajang pameran memang menjadi momen tepat bagi masyarakat untuk memilih mobil yang akan diboyong ke garasi rumahnya. Beragam program dengan promo menarik memang menjadi magnet dan alasan kenapa harus membeli mobil di pameran.

Berikut poin-poin penting yang harus Anda pahami sebelum membeli mobil di pameran.

Promo Menarik

Saat pameran biasanya banyak promo penjualan yang diberikan. Bagian penjualan juga pastinya akan lebih gencar dalam usaha menawarkan kendaraan guna mereka mencapai target. Momen inilah yang harus disadari sebagai potensi mendapatkan mobil baru idaman dengan harga lebih murah.

Mengapa momen pameran?  Dewasa ini, kompetisi penjualan mobil sudah semakin ketat. Keuntungannya adalah hampir semua mobil baru ini kini memberikan diskon besar sebagai gimmick untuk menarik minat calon pembeli. Semakin ketat persaingan maka pembeli akan semakin diuntungkan dan tentunya lebih banyak pilihan.

Diskon, cashback, bonus, hingga tawaran menarik lainnya memang kerap disajikan ke hadapan pengunjung pameran. Tak hanya itu, paket cicilan khusus dari leasing juga tak jarang menjadi penawaran yang sulit ditemukan lain waktu.

“Anda harus memastikan dengan jelas, apa saja bonus maupun promo yang Anda dapatkan ketika transaksi di pameran. Bahkan jika pihak sales tak menawarkan, ada baiknya Anda aktif menanyakan promo tersebut,” ujar Ben Faqih, Head Section Customer Engagement PT Astra Daihatsu Motor.

“Tanyakan penawaran harga, pilihan leasing, fasilitas dan value lainnya,” imbuh Ben.

Hari Terakhir Lebih Murah

Ada mitos yang beredar bahwa berkunjung di hari terakhir pameran akan mendapatkan harga lebih murah. Hal ini sebenarnya mitos yang sulit dipastikan. Pasalnya pihak peserta pameran, dalam hal ini APM, pasti sudah menentukan pricelist-nya. Meskipun pihak dealer yang melakukan transaksi, namun umumnya harga yang berlaku akan sama. Jikapun ada perbedaan biasanya adalah besaran potongan harga untuk mobil lama yang dipromosikan kembali saat pameran.

Luangkan Waktu Test Drive

Biasanya, pameran digelar tidak hanya satu atau dua hari. Bisa beberapa hari bahkan lebih dari seminggu. Pisahkan waktu untuk memilih dan membeli. Pasalnya saat pameran biasanya masyarakat akan terdistraksi pilihannya kala melihat mobil lain.

Ben juga menyebutkan bahwa momen pameran harusnya dimanfaatkan untuk menjajal fasilitas test drive untuk mengenali mobil yang Anda incar. Jangan segan menanyakan fitur-fitur yang ada di mobil pada pihak sales.

Menurut Ben, calon pemilik harus menggali info dan menyimpan baik-baik informasi didapat. Bandingkan fitur, promo, fasilitas aftersales, jaringan bengkel dan harga yang ditawarkan untuk mobil-mobil yang Anda incar. Sebaiknya juga, lakukan kunjungan untuk memilih di hari weekdays, pada hari biasa pengunjung pameran tak sepadat weekend. Hal ini juga bisa membuat Anda memilih dengan lebih tenang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)