Marketing Trends

Tips Berjualan di Platform Online

Tips Berjualan di Platform Online

Pandemi Covid-19 menghantam industri bisnis, tak sedikit yang gulung tikar. Namun banyak juga dari mereka yang bertahan dengan melakukan inovasi baik dari sisi produk hingga pemasaran yang beralih ke platform online.

AVP of Product Tokopedia Puput Hidayat mengatakan pihaknya terus mendorong UMKM lokal dengan memberikan pendampingan serta edukasi kepada penjual. Ia melihat bahwa UMKM yang punya kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi. Mereka berhasil mempertahankan bisnis sekaligus menjaga ketersediaan lapangan pekerjaan lewat pemanfaatan platform teknologi. Contohnya Songket Pash dan Ikan Asin Medanyang penjualannya meningkat di tengah Pandemi dengan berjualan melalui platform online.

Produsen Songket PaSH, Kiagus Adit dari Palembang menyatakan, meski penjualan sempat menurun hingga 60% di awal pandemi. Pemanfaatan platform Tokopedia membuat penjualan kami kembali stabil. Omzet kami kini bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulan,” ungkapnya.

Adit pun memberikan tips untuk UMKM khususnya maker dalam berjualan. Pertama, cari tahu produk yang paling laku, lalu lakukan analisis kompetitor untuk menentukan harga jual. Setelah itu ciptakan brand awareness, salah satunya dengan beriklan lewat fitur yang tersedia, misal TopAds, atau pasang harga lebih murah. Kecepatan dalam merespons chat pelanggan juga menjadi kunci.

Pemilik Ikan Asin Medan Tanoto Frans, UMKM reseller yang memberdayakan puluhan nelayan Medan, mengungkapkan, “Lebih dari 85% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Omzet bulanan kami kini mencapai ratusan juta rupiah.” Dia juga membagikan tips jualan sebagai UMKM reseller. “Harus teliti memilih supplier yang tepat agar kualitas produk selalu terjamin karena supplier tersebut akan menjadi mitra jangka panjang penjual. Kita juga harus memahami kebutuhan masyarakat dan tidak berhenti berinovasi,” dia menambahkan.

Tokopedia di sisi lain aktif memberikan pendampingan serta materi edukasi bagi UMKM lokal. Contohnya lewat Pusat Edukasi Seller, Sekolah Kilat Seller hingga media sosial. Juga lewat berbagai panggung yang membantu UMKM menjangkau lebih banyak masyarakat, seperti Bangga Buatan Indonesia, TokoMart, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan masih banyak lagi.

Berbagai inisiatif tersebut turut mendongkrak kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fesyen, Kecantikan, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak dan Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling pesat di Tokopedia selama Kuartal II/2021.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved