Tips Memenuhi Kebutuhan Protein Harian

Peran penting protein dalam menjaga kesehatan tubuh tentu tidak boleh diabaikan, hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh sehari-hari. Kebutuhan protein tentu saja berbeda bagi setiap orang, katakanlah bagi mereka yang tidak melakukan aktivitas berat, akan berbeda dengan mereka yang melakukan olahraga rutin atau aktivitas berat lainnya. Begitu juga dengan kebutuhan dari jenis kelamin dan dari usia, akan berbeda bagi wanita dengan pria, juga dari anak-anak dengan usia dewasa.

Protein berfungsi untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit serta menunjang pertumbuhan otot maupun jaringan tubuh. Karena pentingnya fungsi tersebut, maka perlu ditekankan bahwa kita harus selalu memenuhi asupan protein sesuai dengan kebutuhannya.

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan protein? Pertama, dari makanan yang mengandung serat protein. Jika menu makan kita lebih dari satu, maka pilihan yang bijak adalah mendahulukan makanan yang mempunyai sumber protein terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan protein tidak akan membuat cepat kenyang, berbeda dengan karbohidrat yang membuat perut cepat terasa kenyang.

Tips yang kedua yaitu memanfaatkan sumber daya alam nabati yang mengandung protein tinggi seperti kacang kedelai, gandum, tahu dan lain sebagainya. Makanan sumber protein ini sering dimanfaatkan bagi mereka yang mempunyai pola hidup vegetarian.

Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dari sumber hewani, lebih mudah didapatkan dan lebih tinggi kandungan proteinnya. Walaupun begitu, anda bisa menggabungkan antara keduanya, memakan sumber protein dari hewani maupun nabati akan lebih efektif untuk menambah asupan protein dalam tubuh.

Minum susu juga bermanfaat penuhi kebutuhan protein. Tidak semua jenis susu mengandung protein tinggi, sebagian justru mengandung kadar gula yang tinggi. Untuk itu pastikan memilih produk susu yang rendah lemak dan bebas gula. Anda juga bisa mencoba susu protein yang saat ini sudah banyak ditemukan.

Camilan sehat juga sumber protein. Konsumsi makanan yang baik sebagai camilan, seperti keju atau buah-buahan ringan yang tidak mengenyangkan. Selain itu, makan telur saat sarapan. Makan pagi merupakan hal terpenting untuk memulai aktivitas, jangan pernah meninggalkan sarapan karena akan berdampak buruk bagi tubuh. Sarapan yang sehat seperti sereal dan telur dapat memulai asupan protein yang bagus. Telur dipercaya dapat menahan rasa lapar lebih lama daripada roti atau sereal.

Lalu, konsumsi greek yoghurt untuk menambah kebutuhan protein, dengan kandungan sekitar 17-20 gram untuk setiap 240 gram Greek yoghurt. Jumlah tersebut sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Untuk memenuhi kebutuhan protein, ada baiknya jika anda menyertakan menu masakan yang mempunyai protein tinggi di dalamnya.

Suplemen protein pun sangat berguna jika anda tidak dapat memenuhi kebutuhan protein harian dengan cara diatas. Mengonsumsi suplemen merupakan salah satu cara yang praktis dan cepat, juga cocok bagi anda yang mempunyai kebutuhan protein tinggi seperti sedang dalam program pembentukan massa otot.

Banyak atlet yang menggunakan suplemen untuk membantu terbentuknya otot tubuh kekar mereka. Jadi jangan dianggap bahwa mereka hanya melakukan olahraga saja untuk mendapatkan tubuh muscle tersebut. Lihat saja tubuh atlet dan figur ternama seperti Ade Rai, Jeremiah Lakhwani, Randy Pangalila, Novia Wijayanti dan Gita Pramitasari Bachtiar. Mereka semua menggunakan produk suplemen protein terkenal di Indonesia, yaitu ANS Performance Indonesia. “ANS Performance adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang suplemen kebugaran dan fitness, saat ini menempati posisi pertama dalam kategori best sales,” ujar Ade Rai seraya menyebut pemasaran produk ini dilakukan di website dan Instagram ANS Performance Indonesia.

Fungsi dari produk ANS adalah untuk mempercepat pembentukan otot tubuh selama proses latihan dan sesudahnya. Macam-macam produk unggulan mereka adalah Vegan Fresh1 yang merupakan sumber protein nabati dari tumbuhan yang bebas gluten, laktosa dan tanpa gula. Lalu, N-Pro termasuk produk campuran protein premium yang juga bebas gluten. Juga, Diablo merupakan salah satu protein untuk menyeimbangkan berat badan yang rendah kalori dan bebas gula. Sementara, Quench BCAA 100 serv terbentuk dari protein asam amino dengan bebas gula dan karbohidrat. N-Mass merupakan protein penambah berat badan dapat membentuk massa otot secara cepat dengan kandungan BCAA, kalori dan karbohidrat yang ideal.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)