Toko BlibliMart Tanpa Kasir

Kiri: Fransisca Krisantia Nugraha, Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.

Dua tahun lalu tepatnya April 2018, Blibli.com meluncurkan BlibliMart, sebuah kategori belanja yang menyediakan produk-produk FMCG. Di awal tahun 2020, BlibliMart memiliki toko fisik atau BlibliMart offline store yangletaknya persis di lantai satu perkantoran Blibli di Gedung Sarana Jaya, Jakarta Barat.

Uniknya, meski tampak luar terlihat seperti minimarket
biasa, Blibli offline store ternyata menerapkan sistem cashless dan cashierless, alias tanpa transaksi cash dan tanpa kasir. Semua transaksi belanja dilakukan lewat
aplikasi Blibli.com.

“Toko offline BlibliMart adalah perwujudan konsep omnichannel Blibli.com,” jelas Fransisca Krisantia Nugraha, Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.

Konsep omnichannel yang diusung pun ditunjang oleh teknologi ‘scan & go’, di mana para pelanggan yang berbelanja tinggal memindai barcode pada produk lalu harga akan tertera pada aplikasi Blibli.com. Kemudian pelanggan tinggal melakukan pembayaran
secara cashless menggunakan Bliblipay maupun GoPay.

Hadirnya BlibliMart offline store ini merupakan
bagian dari strategi BlibliMart di tahun 2020 untuk menyinergikan tiga pendekatan, yakni memperkuat sinergi perusahaan FMCG dan e-commerce, menghadirkan fitur inovatif seperi pengiriman otomatis yang akan diperluas pada Q1/2020 dan fitur  berlangganan produk yang akan mulai diujicoba pada akhir Q1/2020, serta memperkuat eksistensi omnichannel.

Sejak 2019, Blibli.com telah bekerja sama dengan Alfamart
dan Alfamidi untuk memaksimalkan fitur Click & Collect. Fitur ini mempermudah pelanggan untuk berbelanja online di aplikasi Blibli.com kemudian tinggal mengambilnya di jaringan toko offline tersebut. Click & Collect pun juga sudah diterapkan untuk pembelian di kopi Janji Jiwa yang gerainya juga berada di Bliblimart offline store.

Fransisca menyebutkan di tahun 2020 Blibli.com menargetkan peningkatan order sebesar 3 kali lipat dengan kenaikan GMV sebesar 2,5 kali lipat. Di 2020, Blibli.com juga telah memiliki 21 warehouse dan 43 hub.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
Blibli

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)