Tokocrypto Gandeng ASLI RI Amankan Transaksi Aset

Pang Xue Kai, Co-founder dan CEO Tokocrypto,

Kemajuan teknologi mendongkrak populeritas mata uang kripto atau cryptocurrency di Indonesia. Sejak tahun 2017 jenis mata uang virtual ini kian banyak bermunculan, mendampingi bitcoin yang melambungkan nama cryptocurrency. Hanya saja, layanan terkait mata uang kripto di Indonesia belum sebanyak di luar negeri.

Kehadiran Tokocrypto sejak tahun 2018 menawarkan medium bagi nasabah untuk membeli dan menjual sejumlah jenis token ini menjadi platform cryptocurrency pertama di Indonesia yang mendapatkan regulasi dari BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Saat ini, Tokocrypto melayani transaksi jual beli sejumlah jenis token, di antaranya adalah bitcoin, etherium, stable coin dan lainnya. 

Untuk investasi kripto, harus disadari bahwa aset memiliki nilai naik dan turun, sehingga setiap orang pasti memiliki pilihan untuk mengelola risiko dari aset merek. Namun, nilai aset kripto akan semakin meningkat serta memiliki nilai yang tidak terkait dengan nilai aset lainnya.

Diakui Adytia Raflein, Marketing Head Tokocrypto, masih banyak orang di Indonesia berasumsi kalau perdagangan aset kripto itu masih ilegal. Padahal sebenarnya sudah legal. 

Sudah ada peraturan dari BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), nomor 5/2019 (Tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan

Pasar Fisik Aset Kripto (CRYPTO ASSET) di Bursa Berjangka dan NO. 9/2019 (Tentang Perubahan Atas Perubahan Atas Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi No. 5/ 2019 Tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka, terkait perdagangan aset kripto di Indonesia. “Tokocrypto merupakan pedagang aset kripto pertama yang resmi terdaftar dan diawasi oleh BAPPEBTI,” tegas Adytia.

Dalam upaya menjaga keamanan transaksi dan perlindungan informasi pengguna, juga kepatuhan terkait undang-undang No. 8 tahun 2010 tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang, Tokocrypto menggandeng ASLI RI, dimana Tokocrypto mempercayakan layanan verifikasi biometrik dan verifikasi liveness dari ASLI RI pada platform versi terbaru, yaitu Tokocrypto 2.0.

Menurut Pang Xue Kai, Co-founder dan CEO Tokocrypto, keamanan transaksi pelanggan sangat penting, apalagi karena transaksi dilakukan secara online, sehingga diperlukan  pengamanan ekstra. “Untuk keamanan transaksi pelanggan,  saya percayakan kepada ASLI RI karena telah mewujudkan transaksi yang aman, lancar dan terjaga di Tokocrypto,” kata Kai.

Mengingat ASLI RI saat ini sebagai

perusahaan layanan verifikasi biometrik terkemuka asal Indonesia, yang juga telah bekerja sama dengan beberapa lembaga negara dan penegak hukum di Indonesia, seperti Dukcapil, Polri, BNN dan lainnya, sebagai mitra. 

Komisaris ASLI RI, Robert Rompas menambahkan, melalui kerja sama ini, ia berharap kedepannya ASLI RI dapat berkolaborasi dengan para pelaku usaha lainnya dalam mentransformasikan bisnis, sekaligus menjaga keamanan transaksi digital, “Saya berharap kedepannya ada lebih banyak lagi pelaku usaha digital yang kami support. Dengan begitu, tindak kejahatan dan pemalsuan identitas yang merugikan dapat dieliminasi,” kata Robert.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)