Marketing Trends

Tokopedia Affiliate Dorong Masyarakat Jadi Influencer Berkomisi

Tokopedia Affiliate Dorong Masyarakat Jadi Influencer Berkomisi

Animo masyarakat terhadap social commerce semakin meningkat. Masyarakat kini cenderung mencari informasi dan inspirasi sambil berbelanja. Salah satu platform yang terdampak perubahan pola masyarakat tersebut adalah Tokopedia.

Melalui program Tokopedia Affiliate, platform berhasil mencatatkan kenaikan jumlah pengguna aktif 5 kali lipat di Kuartal III/2022 dibandingkan Kuartal I/2022. Sementara itu, jumlah anggota yang bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia naik 2 kali lipat dan jumlah transaksi yang terjadi melalui Tokopedia Affiliate Program meningkat 4 kali lipat.

“Melalui program ini, Tokopedia ingin mempermudah masyarakat menjadi influencer sekaligus mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk di Tokopedia lewat link afiliasi yang dibagikan melalui media sosial,” ujar AVP of Content Marketing Platform Tokopedia Nirmala Hapsari.

Lebih jauh, Nirmala mengatakan, pengguna Tokopedia Affiliate bisa meraih komisi hingga 10% ketika berhasil menjual produk melalui link yang dibagikan. Selain itu, komisi juga bisa didapatkan dari setiap kunjungan ke halaman produk atau toko yang dipromosikan. “Affiliate (pengguna Tokopedia Affiliate) bisa memantau secara real-time performa dari link afiliasi pada halaman dashboard yang bisa diakses kapan pun lewat aplikasi Tokopedia,” kata dia.

Affiliate juga bisa bergabung di komunitas Akademi Kreator Tokopedia untuk berbagi pengalaman dan mengasah skill. Lainnya, Tokopedia Affiliate juga bisa membuat strategi affiliate marketing menjadi lebih interaktif dan menarik. Pasalnya, Affiliate bisa mempromosikan produk atau toko penjual dengan lebih kreatif melalui ulasan atau video. Cara itu, kata Nirmala, bisa membantu penjual memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan.

“Saat ini, pegiat usaha tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk Affiliate karena komisi atas kunjungan ke produk atau toko dan penjualan produk yang dipromosikan Affiliate akan dibayarkan sepenuhnya oleh Tokopedia. Sehingga pegiat usaha pemula sekali pun bisa mencoba affiliate marketing dengan Tokopedia Affiliate Program,” ujarnya.

Ferlan Firmansyah, Affiliate, mengungkapkan Tokopedia Affiliate sudah menjadi sumberpendapatan kedua di samping usaha toko produk ibu dan bayi serta bengkel miliknya. Dia bercerita, bahkan, dia pernah mendapatkan komisi hingga Rp16 juta dalam kurun waktu seminggu. “Rezeki tersebut saya gunakan untuk membantu salah satu anggota keluarga agar anaknya bisa daftar sekolah,” ujar Ferlan.

Adapun kategori yang banyak direkomendasikan meliputi makanan dan minuman, ibu dan bayi,kesehatan, perawatan tubuh dan kecantikan. Sedangkan untuk wilayah dengan kenaikan jumlah Affiliate terdaftar paling tinggi adalah Pekalongan, Tuban, Musi Banyuasin, Palangkaraya, hingga Kendari.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved