Marketing Trends

Tokopedia Fokus Tingkatkan Layanan Konsumen

Tokopedia Fokus Tingkatkan Layanan Konsumen

Memperingati Hari Pelanggan Nasional 2019, Tokopedia meresmikan Tokopedia Care Puri Kembangan. Tujuannya untuk lebih mempermudah masyarakat dalam mendapatkan kualitas terbaik layanan Tokopedia.

Chief Operating Officer Tokopedia, Melissa Siska Juminto, mengatakan bahwa salah satu DNA perusahaan yaitu Focus on Consumer. Ia mengungkapkan, saat ini perusahaan telah memiliki lebih dari 6,2 juta penjual dan 90 juta pengguna aktif bulanan yang tersebar di hampir seluruh Indonesia.”Bisnis kami ini berasaskan kepercayaan sehingga kami berharap ini menjadi suatu jembatan kepada pelanggan Tokopedia,” ujarnya.

VP of Operations Tokopedia, Rudy Azhary Dalimunthe, menyampaikan, pihaknya terus melakukan inovasi termasuk dalam mengimplementasikan Digital Customer Service di Tokopedia Care, yaitu layanan pelanggan yang sepenuhnya berbasis digital.

Salah satu fasilitas yang disediakan Tokopedia Care adalah Service Experience Center dan dapat ditemukan di gedung Tokopedia Care Puri Kembangan. Terbuka untuk umum setiap hari kerja mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, fasilitas Service Experience Center ini dihadirkan sebagai kemudahan alternatif bagi pengguna Tokopedia untuk mendapatkan edukasi produk dan layanan Tokopedia atau menyelesaikan kendala mereka secara langsung (walk-in).

Fasilitas lainnya yang diresmikan adalah Tokopedia Customer Engagement Hub, yaitu sistem pusat kendali operasi untuk memantau kinerja Digital Customer Service secara real-time, termasuk suara pelanggan baik di media sosial maupun kanal lain layanan Tokopedia serta menerima berbagai data serta sumber informasi berbasis teknologi dari Tokopedia Care di Jakarta, Yogyakarta dan Semarang. Tokopedia Customer Engagement Hub ini berfungsi untuk lebih mempermudah tim Tokopedia Care bertindak secara cepat dan tepat dalam memberikan kualitas layanan terbaik bagi masyarakat secara mudah dan transparan.

Selain itu, salah satunya layanan yang memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) melalui chatbot yang membantu menjawab segala pertanyaan pelanggan secara lebih cepat dan tepat. Product Lead of Chatbot, Dispute Settlement, and Operations Tokopedia, Felix Yuwono Kurniawan menjelaskan bahwa Layanan chatbot berbasis AI (Artificial Intelligence) ini akan semakin mempermudah tim Tokopedia Care dalam memberikan layanan terbaik dan tercepat dalam hitungan detik untuk seluruh pengguna Tokopedia.

Tokopedia Care juga mengimplementasikan Digital Customer Service dengan menyediakan berbagai kanal layanan termasuk email, media sosial seperti Twitter dan Facebook, live chat, dan pusat resolusi sehingga segala kendala yang dihadapi oleh pengguna Tokopedia secara tepat dan transparan.

“Untuk saat ini, kami telah memiliki 2.000 karyawan yang menangani konsumen, dengan adanya teknologi ini, kami harapkan bisa mempermudah dan mempercepat layanan kepada konsumen,”tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved