Tokopedia Garap Pasar Tukar Tambah Handphone

Sejak diuji coba pada April 2019 lalu, penggunaan fitur Tukar Tambah meningkat 250% setiap bulannya.


Tokopedia  merilis fitur Tukar Tambah, hasil kerja sama dengan situs jual beli handphone bekas Laku6. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menukarkan handphone lamanya dengan yang baru secara online.

Head of Category Browse & Content Tokopedia, Cynthia Limin, mengungkapkan, peluncuran fitur ini lantaran pihaknya melihat adanya peningkatan daya beli smartphone. Pada 2018, penjualan handphone di Indonesia mencapai 38 juta unit.

Hal ini menurutnya menimbulkan kebiasaan baru di masyarakat untuk terus memperbaharui handphone mereka. Kemudian itu menyebabkan semakin banyaknya handphone yang tidak terpakai.

"Tokopedia melihat adanya suatu peluang untuk membantu masyarakat Indonesia. Kami menciptakan sebuah inovasi yang membuat proses tukar tambah ini menjadi lebih mudah, bisa dilakukan kapanpun, dan dimanapun," ujarnya di Tokopedia Tower, Jakarta, (18/07/2019).

Cynthia melanjutkan, fitur tersebut sebenarnya sudah dilakukan uji coba sejak April lalu. Pihaknya pun mencatat sejak periode tersebut, rata-rata pertumbuhan transaksi di fitur ini meningkat lebih dari 250% setiap bulannya.

"Kami berharap kemajuan teknologi ini memungkinkan pengguna untuk menjual smartphone lama dengan nilai tinggi dan mendapatkan smartphone baru sesuai keinginan secara lebih mudah dan cepat di manapun," katanya.

Adapun cara penggunaan fitur ini adalah pengguna mencari ponsel yang diinginkan dari toko-toko yang berpartisipasi dalam fitur Tukar Tambah. Klik Tombol Tukar Tambah dan setelah setuju akan dimulai cek fungsi secara online, seperti cek volume, fungsi layar, WiFi, memori.

Selanjutnya cek fisik, untuk langkah ini pengguna memerlukan handphone lain untuk mengambil gambar fisik bagian depan dan belakang. Setelah proses itu selesai akan keluar harganya dan lakukan pembayaran.

"Prosesnya 2-3 menit sampai mendapat harga final. Harganya juga akan langsung terpotong, pengguna tinggal membayar sisanya tanpa harus menunggu handphone tersebut terjual," kata Franciscus Leo Chandra, Category Development Lead Tokopedia.

Lebih lanjut, smartphone yang sudah dibeli akan diantarkan langsung ke pengguna melalui kurir khusus dari Laku6. Sementara, smartphone lama akan diambil. Selain menggandeng Laku6, dalam menyediakan layanan ini Tokopedia juga bermitra dengan Erajaya Swasembada/Erafone.

Sayangnya layanan ini baru bisa dinikmati di daerah Jabodetabek. Ke depan, pihaknya berencana memperluas layanan ini ke seluruh Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)