Business Research Trends

Tokopedia Optimis Transaksi Belanja Bulan Ramadan 2023 Meningkat

Acara Tokopedia Media Briefing (Foto: Audrey/SWA)

Melihat tren konsumen di Ramadan tahun lalu, pelaku bisnis dari berbagai skala bisa mempersiapkan strategi pemasaran menjelang Ramadan 2023. Ini adalah solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Tokopedia optimistis masyarakat Indonesia akan tetap mengandalkan e-commerce atau lokapasar lokal sebagai pilihan utama untuk berbelanja kebutuhan Ramadan 2023.

VP of Tokopedia Marketing Solutions, Edwin Chayadi mengatakan, momen Ramadan tahun ini, diperkirakan bisa lebih menjanjikan dibandingkan periode tahun lalu. “Berakhirnya pandemi Covid-19 dapat mendorong daya beli konsumen, di mana data menunjukkan sebanyak sembilan dari sepuluh orang Indonesia berencana untuk membeli kebutuhan khusus Ramadan,” kata Edwin dalam media briefing di Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

Selain itu, Edwin, mengutip data e-Conomy SEA Report 2022 by Google, Temasek, dan Bain & Company menunjukkan 80 persen konsumen digital di Indonesia akan meningkatkan atau setidaknya mempertahankan penggunaan layanan digital pada 2023. Ini termasuk e-commerce, transportasi online, dan pengiriman makanan.

Lebih lanjut, dia menuturkan, jika berkaca pada Ramadan 2022, ada peningkatan jumlah product page view yakni lebih dari 50 persen. Hal ini menunjukkan adanya keinginan berbelanja dari masyarakat. Sementara itu, dari sisi transaksi tercatat meningkat sebesar 77 persen selama Ramadan. “Dari sisi transaksi, ini lebih tinggi lagi. Terjadi 77 persen kenaikan dari sisi penjualan. Ini salah satu yang penting,” ujarnya.

Melihat tren konsumen di Ramadan 2022, pelaku bisnis dari berbagai skala bisa mempersiapkan strategi pemasaran menjelang Ramadan 2023 dengan Tokopedia Marketing Solutions, yang adalah solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Pelaku bisnis bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions. Salah satunya di halaman utama Tokopedia, yaitu menggunakan banner di lokasi premium (‘Homepage Banner’), banner di lokasi strategis lainnya (‘Dynamic Channel’), permainan interaktif berhadiah (‘Tap Tap Kotak’) dan kanal video streaming (‘Tokopedia Play’).

“Sepanjang Ramadan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” jelas Edwin.

Dengan Tokopedia Marketing Solutions, pelaku bisnis juga dapat melakukan promosi di halaman pencarian, misalnya dengan fitur beriklan agar produk tampil teratas di halaman pencarian (‘TopAds’), menggunakan banner yang tampil di seluruh touchpoint konsumen (‘Tokopedia Display Network’), serta menampilkan produk sebagai pencarian populer (‘Popular Search’).

Pelaku bisnis juga bisa beriklan di halaman notifikasi dan pesan (termasuk ‘Broadcast Chat’), serta memaksimalkan iklan media sosial menggunakan fitur penargetan yang lebih kaya dari Tokopedia (‘Marketing Services’).

Riset Tokopedia pada tren Ramadan 2022 menunjukkan masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Adapun kategori produk unggulan yang paling dicari oleh konsumen seperti fesyen, otomotif dan aksesoris, makanan dan minuman, rumah Tangga, serta smartphone dan tablet menjadi beberapa kategori yang paling banyak dicari masyarakat sepanjang Ramadan 2022.

Beberapa kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain fesyen, makanan dan minuman, kesehatan, otomotif dan aksesoris, serta rumah tangga. Subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan, meliputi hampers dan dekorasi, bumbu dan peralatan masak, gaming, perlengkapan perjalanan/mudik dan kecantikan.

Edwin menambahkan, “Metode pembayaran cashless menjadi yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan, baik melalui transfer antar bank, dompet digital, kartu kredit dan GoPayLater Cicil. Selain itu, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir.”

Tokopedia juga bekerja sama dengan lebih dari 14 mitra logistik terpercaya dalam menghadirkan beragam pilihan pengiriman–seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo–untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi konsumen.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved