Tokopedia Raih Pendanaan Baru US$1,1 miliar

Tokopedia mengumumkan perolehan putaran pendanaan baru sebesar US$1,1 miliar. Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea dan investor-investor sebelumnya.

Dana ini rencananya akan digunakan untuk membangun teknologi dan infrastruktur. Selain itu, rencananya Tokopedia jug akan terus fokus dalam membangun pasarnya di Indonesia dan mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia.

William Tanuwijaya, CEO dan salah satu pendiri Tokopedia, mengatakan, dalam 9 tahun, Tokopedia fokus untuk menjadi marketplace terbesar di Indonesia, dengan menyediakan barang fisik dan digital. “Memasuki tahun ke-10, kami akan mengembangkan ekosistem  menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline,” ujarnya.

Pengembangan ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional untuk mitra dan ekosistem. “Kami akan mengakselerasi terwujudnya misi besar kami untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia,” kata dia menegaskan.

Lydia Jett, Senior Investor SoftBank Investment Advisers dan Anggota Dewan Tokopedia, mengatakan, sejak didirikan, Tokopedia telah membantu jutaan UMKM Indonesia menjual produk secara digital ke seluruh pelosok nusantara. “Platform juga saat ini telah menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan,” kata Lydia.

Sementara itu, Kenny Ho, Head of Investment, Southeast Asia and India di Alibaba, mengungkapkan,  pihaknya antusias dalam mempererat bungannya dengan Tokopedia. Karena dinilai telah memberdayakan UMM dan mmpercepat pembangunan ekonomi. Untuk diketahui, saat ini, Tokopedia telah menjangkau 93% kecamatan di Indonesia di lebih dari 17.000 pulau. Pada tahun ini, gross merchandise value (GMV) Tokopedia meningkat hingga empat kali lipat. Saat ini Tokopedia juga telah melakukan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) untuk 25% transaksi yang terjadi dalam platformnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)