Tokoplas Mentransformasi Cara Belanja di Industri Plastik

Antoni Gunawan, CEO Tokoplas

Merujuk data riset nasional, selama pandemi terjadi lonjakan transaksi belanja masyarakat di e-commerce meningkat 18,1 persen menjadi 98,3 juta transaksi dibanding periode yang sama tahun lalu. Sedangkan secara total nilai transaksi kenaikannya 9,9 persen menjadi Rp 20,7 triliun.

Tokoplas melihat hal ini sebagai peluang untuk membantu para pengusaha industri plastik terutama segmen Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memperoleh bahan baku untuk kebutuhan bisnisnya. Tokoplas.com, adalah pasar digital (e-commerce) business to business (B2B) untuk kebutuhan bahan baku plastik pertama di Indonesia yang menghubungkan para pemasok besar yang memiliki reputasi baik dengan para pelanggan.

Kehadiran Tokoplas ini mentransformasi cara belanja di industri ini, dari tradisional menjadi online. Cara ini tentu akan mempermudah, mempercepat, dan membuat industri ini lebih hemat.   “Jadi singkatnya, Tokoplas menggabungkan seluruh proses bisnis ke dalam satu platform, dengan tujuan untuk membantu para pelaku bisnis, khususnya para pengusaha UMKM, dalam mengakses lebih banyak produk dengan informasi yang transparan dan harga yang kompetitif," ujar Antoni Gunawan, Direktur Utama Tokoplas melalui konferensi virtual (26/11/20202).

Seiring berjalannya waktu, Tokoplas akan berkembang menjadi one – stop shopping solution untuk industri plastik, dengan menyediakan kategori produk baru diluar biji plastik jenis polyethylene, polypropylene, polystyrene, dan recycled resin yang telah tersedia saat ini, seperti ABS, PVC, PET, PC, dan lain – lain.

Tokoplas mendukung berkembangnya bisnis skala kecil, pelanggan dapat memesan mulai dari 200 kg saja. Bekerja sama dengan mitra logistik terpercaya, barang dapat diantarkan on time sesuai jadwal yang ditentukan pelanggan, dengan fitur pelacakan real time. Tokoplas memiliki gudang di lokasi – lokasi strategis, sehingga memungkinkan pengiriman dengan jangkauan luas ke seluruh Indonesia.

Pembayaran di Tokoplas pun mudah dengan banyak pilihan, mulai dari bank transfer, ATM, dan kartu kredit. Pelanggan yang ingin membayar dengan tempo dapat memanfaatkan program pembiayaan Tokoplas melalui berbagai lembaga keuangan yang bermitra dengan Tokoplas.

Aplikasinya diklaim user-friendly dan mudah diakses dari berbagai electronic device. Aplikasi Tokoplas berbasis IOS dan Android yang dapat diunduh dengan mudah dan gratis dari Apple Store atau Google Playstore. Fitur lainnya yang menarik adalah tersedianya News Update yang disiapkan secara berkala dalam Bahasa Indonesia dan Inggris, agar pelanggan mendapatkan update atas perkembangan industri plastik serta informasi – informasi global yang mempengaruhi harga, untuk membantu pelanggan dalam melakukan perencanaan pembelian.

“Melalui Tokoplas, kami ingin membantu para pengusaha UMKM untuk berkembang lebih cepat, dengan memberikan akses berbelanja biji plastik yang hemat waktu, hemat tenaga, hemat pikiran, dan tentunya hemat biaya," tutur Antoni.

Antoni mengurai, ada 5 keuntngan jika berbelanja melalui Tokoplas.com, yang disebutnya dengan 5C: choice (pilihan) bahwa pelaku di bisnis ini, bisa mendapatkan berbagai pilihan produk, supplier, dan metode pembayaran; convenience (kenyamanan), aplikasi ini user friendly dan dapat diakses kapanpun, di manapun menggunakan berbagai device (Android dan IOS).

Kemudian keuntungan dalam hal cost – savings (hemat biaya) menyediakan bahan baku dengan harga lebih murah ditambah berbagai program promosi seperti free delivery dan promo lainnya; coverage (jangkauan) mencapai 500 kota di seluruh Indonesia, dan credit (akses pembiayaan) pelaku bisnis tidak perlu risau dengan kekurangan modal, karena akses pembiayaan lebih cepat, mudah, murah tersedia melalui lembaga keuangan mitra Tokoplas.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)