Toyota Avanza Makin Berjaya di Pasar

Toyota Avanza, produk low MPV (Multi Purpose Vehicle) -LMPV- dari PT Toyota Astra Motor, makin di depan  di pasar mobil multiguna bawah di Indonesia.  Dalam dua bulan pertama, di tahun ini, penjualannya tumbuh sampai 17,26 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015 lalu. Avanza tampaknya masih menjadi penguasa.

Berdasarkan Data dari Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), dari seluruh total pasar LMPV 45.354 unit, Avanza berhasil mempertahankan dominasinya, dengan penguasaan pasar 50,52 persen,  atau sebanyak 22.915 unit. Meski Toyota telah memproduki MPV tujuh penumpang baru yakni Toyota Calya dan juga mobil  low cost green car/LCGC,  namun dalam penjualannya masih belum bisa melampaui Avanza.

Honda Mobilio, LMPV dari PT Honda Prospect Motor  (HPM)  yang menjadi primadona penjualan Honda dalam dua bulan terakhir, tetap saja kalah dengan penjualan Avanza.  Mobilio masih menempel Avanza pada posisi kedua dengan mencatat penjualan sebanyak  8.703 unit atau 19,19 persen.  LMPV tujuh penumpang ini  penjualannya naik  hampir mencapai 30 persen jika dibandingkan dengan dua bulan yang sama pada 2016 lalu.

Penjualan Daihatsu Xenia, LMPV dari  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tercatat 6.936 unit  naik  25,06 persen dibanding periode yang sama pada 2016 Januari-Februari.  Meski naik, penjualan Xenia harus mengakui kekuatan adik barunya Sigra, dengan penjualannya yang lebih banyak mencapai 7.206 unit.

Pada posisi keempat dan kelima diisi oleh duo Suzuki, Ertiga dan MPV, yang penjualannya tak seberuntung rekan-rekannya. Ertiga melorot sampai 13,62 persen menjadi 5,511 unit, sementara APV anjlok 42,38 persen menjadi 677 unit. Menyuyul berikutnya Daihatsu Luxio, 597 unit dan Nissan Evalia 15 unit.

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)