Toyota Innova Venturer Siap Masuk ke Pasar di 2017?

Informasi yang beredar mobil MPV dari Toyota Kijang Innova terbaru tersebut sudah terdengar santer sejak dua bulan lalu. Bahkan sampai hari inipun pihak PT Toyota Astra Motor (TAM), Agen Pemegang Merek (APM) Toyota juga masih belum transparan, kapan mobil tersebut akan diluncurkan. Namun, dari brosur yang diperoleh ternyata secara diam-diam dan yang beredar di media sosial, calon flagship dari Kijang Innova atau Toyota New Venturer sudah mulai dipasarkan. Ya, Venturer merupakan varian tertinggi dari Toyota Kijang, lebih mahal dari Inova Q, varian tertinggi Inova saat ini.

Innova Venturer Innova Venturer

 

Toyota "New Venturer" tanpa imbuhan "Kijang Innova" diproduksi sebagai varian terbaru dari Innova ini ingin membedakan diri dari tipe standarnya. Mobil tersebut oleh TAM sudah didaftarkan di TPT Kementrian Perindustrian.

Dari brosur tampak jelas perbedaan antara Venturer dan All new Kijang Innova. Sekilas, memang tampak sebagai Kijang Innova varian Q yang ditempeli dengan ekstra aksesoris. Misalnya tambahan lips bumper depan, side skirts, lips bumper belakang yang berkelir seperti hitam doff dengan lis krom di tengahnya. Spion dan panel di pintu bagasi pun ketambahan cover dengan warna ala hitam doff.

Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto—disela-sela peluncuran Toyota Yaris Heykers Nopember lalu—mengungkapkan bahwa Venturer tidak diluncurkan di tahun 2016 ini. “ Tahun ini kami sudah tidak ada lagi mobil baru, terakhir (Yaris) Heykers. Untuk tahun depan nanti tunggu tanggal mainnya. Sebentar lagi lah,” ujarnya berkilah.

Rencannya Toyota Innova Venture akan diproduksi dengan spesifikasi mesin 2.0 liter (4×2) bertransmisi otomatis sebanyak 3.547 unit. Kemudian varian lain bermesin 2.4 liter (4×2) transmisi otomatis untuk diproduksi sebanyak 2.615 unit dan terakhir tipe 2.4 liter (4×2) dan bertransmisi manual diproduksi paling sedikit, 1.970 unit. Selain itu, kabarnya Toyota Innova Venture merupakan produk hasil buatan vendor lokal dan diperuntukkan ke pasar domestik serta diproduksi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)