Toyota Sienta Raih Car of the Year 2016

Toyota Sienta, salah satu kendaraan jenis Multi Purpose vehicle (MPV), dinobatkan sebagai Car of The Year 2016 oleh Majalah Otomotif Mobil&Motor (MM). Menurut Rudi Kurniadi, Pimpred MM, pengujian Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2016, melibatkan sejumlah model dari berbagai merek dan dinilai oleh penguji independen. Konsep dan parameter pengujian disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kemudian, mobil-mobil tersebut diuji secara bersamaan di Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini diklaim cocok untuk pengujian lantaran memiliki kondisi jalan beragam, mulai dari tikungan, tanjakan, turunan dan jalan lurus. Toyota Sienta

Enam juri independen dilibatkan, masing-masing mereka adalah pemerhati otomotif nasional. Penilaian berdasarkan hal-hal yang berorientasi pada konsumen, yakni kualitas, kenyamanan, pengendalian, fitur-fitur. Tak ketinggalan, pengujian juga dibuat obyektif dengan penggunaan alat ukur.

Layak bila mobil tujuh penumpang ini menyabet Car of The Year 2016. Beberapa keunggulan dimiliki sejak mobil ini diperkenalkan pada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo Kemayoran, antara lain, bobot lebih ringan karena penggunaan bahan aluminium pada mesin dibanding mesin mobil lainnya yang menggunakan material dasar besi (iron), mesin tipe 2NR-FE dengan 4 silinder in line, 16 valve, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.497 cc, dengan torsi maksimal 14.3/4.200 rpm, selain responsif, efisien dan irit BBM.

Sienta mampu memuat tujuh penumpang dengan row dive-in seat di baris ketiga pada semua tipe. Ruang lega, berkat kursi yang bisa dilipat bahkan cukup untuk meletakkan dua sepeda gunung dan barang bawaan lain. Sienta terbagi dalam empat grade, yakni di antaranya E, G, dan V yang memiliki dua pilihan transmisi manual dan CTV. Adapun tipe Q hanya tersedia dengan transmisi CVT dengan 7 speed sport sequential shiftmatic.

Sienta versi Indonesia menggunakan AC double blower untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Harga Toyota Sienta berkisaran antara Rp 230 – 290 juta, lebih murah dibanding kompetitor karena menggunakan kandungan lokal di atas 50 persen.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)