Trafik Data XL Axiata Naik 10% Saat WFH

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa

Di minggu pertama masyarakat menerapkan bekerja dan belajar dari rumah (work from home/WFH), trafik jaringan XL Axiata naik signifikan dibanding hari biasa. Hal ini terlihat dari data pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center XL Axiata.

Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%. Sementara itu, berdasarkan lokasi, Jabodetabek mencatat kenaikan trafik sebesar 6%.

(Plt) Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, kenaikan tertinggi terjadi di jam 09.00-12.00 sekitar 10-15 %, bahkan penggunaan data untuk aplikasi video call seperti Zoom, Google Hangouts dan Skype naik 20-30% naik signifikan.

“Mungkin karena sebelumnya jarang yang pakai, sekarang lonjakannya tinggi,” ujarnya melalui konferensi pers secara online via kanal Youtube XL Axiata (23/03/2020). Ia menyebut untuk aplikasi hiburan seperti Netflix, umumnya naik di sore hari sekitar jam 16.00 sampai malam.

Lonjakan penggunaan data ini menurutnya kemudian menggunakan penambahan kapasitas yang sebelumnya disiapkan untuk titik-titik tujuan mudik, kini dialokasikan untuk kenaikan data akibat masa isolasi selama wabah ini.

Gede menuturkan kenaikan trafik data ini tertinggi di masa luar Lebaran dan Natal/Tahun Baru. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15% dibanding hari biasa. Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah.

Untuk itu XL Axiata memberi dukungan dengan free 2GB per hari untuk akses ke layanan data tertentu. “Kami lihat itu juga telah dimanfaatkan secara maksimal oleh pelanggan di berbagai daerah. Kami akan terus memantau situasi dan kondisi yang ada, untuk menyiapkan jaringan lebih lanjut sebagai antisipasi dalam menghadapi segala kemungkinan yang muncul di hari-hari mendatang,” jelasnya.

Apakah terjadi kenaikan kinerja bisnis dari lonjakan konsumsi data konsumen? Gede menjawab hal itu masih terlalu awal, apalagi ini baru sepekan, pemerintah memperpanjang masa isolasi ini hingga 29 Mei pun, pihaknya berharap tidak sampai diperpanjanh, bahwa wabah ini segera bisa diatasi.

“Terlalu dini berapa akhirnya memengaruhi kenaikan pendaptaan Q1, beda dengan lebaran, sudah ada patern. Ini agak berbeda, kita blm ada kasus seperti ini sebelumnya, bagaimana patern-nya ketika masyarakat tinggal rumah seharian. Kami masih mempelajari modeling trafic projection karena baru 1 minggu,” jelas Gede.

Gede menambahkan, hingga sepekan terakhir, pihaknya belum menambah kapasitas jaringan yang ada karena memang sudah dipersiapkan untuk bisa menampung kenaikan trafik hingga 2 kali dari trafik hari normal. Beberapa langkah di antaranya adalah mengerahkan mobile BTS (MBTS) untuk lokasi-lokasi yang memerlukan, juga melakukan rekayasa pengalihan trafik ke jaringan yang lebih longgar.

Layanan data yang paling tinggi kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48%, Netflix 46%, Facebook 11%, Whatsapp 10% dan Mobile Legend 8%. Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354%, Brainly 84%, Zenius 54%, dan Udemy 44%.

Untuk media sosial, di mana masyarakat dan pelanggan banyak memantau perkembangan dan informasi terkait wabah Covid-19, kenaikan trafik terjadi pada Facebook sebesar 11 %, Instagram 2%, Youtube 3%, dan Twitter 3%. Akses ke web browsing juga ikut meningkat, yaitu sebesar 2%, termasuk ke website-website yang menyediakan informasi seputar Covid-19. Aplikasi berbagai media massa online yang menyediakan berita-berita update tentang peristiwa besar ini juga meningkat signifikan, yaitu rata-rata sebesar 8%.

Layanan percakapan instan seperti Whatsapp mengalami kenaikan trafik sebesar 10%, LINE 1%dan Telegram 12%. Selama berada di rumah melakukan social distance, masyarakat dan pelanggan juga mengakses sejumlah layanan penyediaan hiburan seperti gim yang trafiknya naik sebesar 6% dan streaming film (Netflix, Hooq) 38%.

Selama sepekan periode pelaksanaan himbauan bekerja dan belajar dari rumah, jumlah mobilitas pelanggan yang ke luar negeri dan jumlah pelanggan luar negeri yang datang ke Indonesia juga mengalami penurunan. Pelanggan keluar negeri (outbound) turun 41%, sedangkan pelanggan dari luar negeri yang menggunakan jaringan XL Axiata (inbound) turun sekitar 16%.

Berdasarkan lokasi, selain Jabodetabek, trafik data yang meningkat secara signifikan juga terjadi di Kabupaten Barru 19%, Kabupaten Bulukumba 18%, Kab Pinrang 18% di Provinsi Sulawesi Selatan, serta di Provinsi Sumatera Utara di Kab Labuhan Batu Selatan sebesar 16% dan di Kab Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat sebesar 15%

Seiring dengan terus menyebarnya virus Covid-19 ke berbagai daerah, XL Axiata juga siap menjaga performa jaringan di seluruh wilayah layanan. Hingga akhir tahun 2019, kekuatan jaringan XL Axiata ditopang oleh total lebih dari 130.000 BTS, termasuk lebih dari 40.000 BTS 4G di 425 kota/kabupaten. Fiberisasi jaringan telah terlaksana lebih dari 50% dari total BTS yang berada di berbagai provinsi di Indonesia.

Tri Wahyuningsih Group Head Corporate Communications XL Axiata yang menemani Gede saat konferensi pers online, menuturkan bahwa perusahaan juga mejalankan kepedulian sosial di tengah wabah ini, terutama membantu mereka yang di lapangan dengan
membagikan masker ke wartawan dan komunitas lain yang membutuhkan yang masih bekerja di lapangan, serta membantu produk kesehatan yang diperlukan.

“Dalam beberapa hari ke depan kami juga akan membantu rumah sakit darurat yang khusus tangani pasien Covid-19 memberikan APD (alat pelindung diri),” ungkapnya. Ayu juga menegaskan bahwa walau terjadi lonjakan pemakaian data, hingga saat ini XL Axiata belum ada rencana menaikkan tarif, pihaknya lebih fokus meningkatkan kualitas jaringan demi meningkatkan kualitas kerja dan sekolah di rumah masyarakat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)