Trafik Layanan Data Operator Seluler Meningkat Saat Pemilu 2019

Trafik data saat pemilu 2019 Meningkat

Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo mengalami peningkatan trafik layanan data sepanjang perioder Pemilu 2019. Telkomsel naik 16,3% sedangkan Indosat Ooredoo naik 7,02% dan XL Axiata naik 24%.

Telkomsel mengklaim sukses mengawal dan melayani kebutuhan komunikasi pada momentum Pemilu 2019. Pada pesta demokrasi tahun ini, tercatat trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 18,5 petabyte atau meningkat 16,3% dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2019.

Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah  Sumatera Barat dan Riau dengan peningkatan 28% dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Sulawesi (19,5%) dan wilayah Jawa Barat (18,3%). Untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suaramengalami penurunan sebesar 10% menjadi 1,125 miliar menit, hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami penurunan 7,8% menjadi 482 juta SMS.

“Telkomsel menjadi bagian dari kesuksesan berbagai perhelatan maupun momen nasional dalam hal penyediaan layanan komunikasi, termasuk pada Pemilu tahun ini,” kata GM External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin dalam siaran pers (19/04/2019). 

Di lain sisi, Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik data meningkat menjadi 8.163,57 TeraBytes, atau sebesar 7,02% dibanding trafik hari biasa. Media sosial yang paling tinggi digunakan oleh pelanggan adalah YouTube dan WhatsApp dengan mencatatkan kenaikan sebesar 5,43% untuk YouTube dan 7,93% untuk WhatsApp jika dibandingkan hari biasa.

“Daerah dan kota yang tercatat menggunakan trafik data tertinggi berada di Jakarta,” jelas Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk dalam siaran persnya.

Lalu XL Axiata sepanjang periode 16 - 18 April 2019, tercatat trafik data mengalami kenaikan tertinggi hingga 24% dibandingkan trafik hari normal sedangkan trafik voice naik 4%. 

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih,mengatakan, kenaikan trafik data terutama didorong oleh penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat sebesar 190% dibanding hari normal. Sama dengan Indosat dan Telkomsel, tingginya akses ke medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter pelanggan XL Axiata pun naik sampai 6%.

“Untuk instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30%. Yang menarik, akses ke games online juga naik signifikan, yaitu sampai 175%. Sepertinya banyak pelanggan yang memanfaatkan hari libur Pilpres untuk bersantai juga dengan main games,” imbuh Ayu.

Sehari sebelum dan setelah Pilpres 2019 kemarin, menurut Ayu masyarakat juga sangat antusias mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung. Ini terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga 7%.

Libur saat 17 April dilanjutkan dengan libur Paskah dan akhir pekan terjadi perpindahan daerah layanan pengguna XL Axiata. Khusus pelanggan di area Jabodetabek, paling banyak berpindah ke Jawa Barat. Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17%, Garut 14%, Kuningan dan Indramayu sekitar 10%.

Denny menambahkan, dalam Pesta Demokarasi yang juga berdekatan dengan momen Ramadhan dan Idul Fitri, Telkomsel telah menyiapkan dan memastikan infrastruktur jaringan agar selama masa tenang, Pilpres, hari pemilihan hingga pengumuman, layanan komunikasi berjalan lancar dan tidak ada gangguan ataupun kendala yang berarti.

“Kami juga sudah memprediksi perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan, di mana layanan data masih mendominasi dibanding layanan suara dan SMS. Hal ini seiring dengan meningkatnya masyarakat dalam memanfaatkan layanan-layanan digital,” lanjutnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan yang terjadi pada momen Pemilu 2019, sejak jauh hari Telkomsel telah memperkuat seluruh elemen jaringan di seluruh Indonesia. Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di lebih dari 1.400 titik yang terdiri dari KPU Pusat, KPU Daerah, TPS, Bawaslu, Kantor Kepolisian dan Militer di seluruh Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)