Transaksi Gomart Tumbuh 5 Kali Lipat Selama Ramadan

Layanan belanja dari Gojek, Gomart mencatatkan pertumbuhan transaksi hampir 5 kali lipat selama Ramadan. Jumlah pengunjung di layanan ini juga tercatat meningkat sebesar 1,5 kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Head of Marketing Gomart Yoel Wijaya mengatakan, pertumbuhan tersebut tidak lepas dari evolusi yang dilakukan Gomart sejak akhir tahun 2020 untuk merespon perubahan perilaku konsumen yang beralih berbelanja bahan makanan secara online karena pandemi.

Ia menjelaskan, pihaknya telah meluncurkan ragam inisiatif untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani ibadah puasanya seperti memberikan rekomendasi resep untuk berbuka dan sahur, menyajikan promo khusus Ramadan hingga bagi-bagi voucher lewat misi ajak teman. "Kami senang inisiatif kami tersebut disambut dengan baik oleh masyarakat yang tercermin dari pertumbuhan transaksi yang cukup signifikan dibandingkan Ramadan tahun lalu," ujarnya.

Selain pertumbuhan dari segi transaksi, Gomart juga mencatat beberapa tren baru kebiasaan belanja bahan makanan online dari pelanggan selama Ramadan di tengah masa pandemi.Pada kategori produk segar, buah menjadi yang paling banyak dipesan selama Ramadan, disusul dengan daging beku, daging dan ayam segar, sayuran serta seafood segar. Pada kategori sembako, tiga produk yang paling banyak dipesan selama Ramadan lewat Gomart adalah minyak goreng, gula pasir dan beras.

"Masyarakat makin mudah memesan produk segar lewat Gomart dengan kehadiran asisten belanja Emak Jago yang siap memilihkan bahan segar dengan kualitas terbaik," lanjut Yoel.

Sementara itu, akhir pekan menjadi hari yang diminati masyarakat berbelanja bahan makanan lewat Gomart. Dengan waktu pemesanan paling sering adalah menjelang berbuka puasa pada pukul 16.00 hingga 17.00.

Dengan semakin luasnya cakupan area Gomart serta lebih banyaknya pilihan merchant, Gomart juga melihat pertumbuhan layanan di kota-kota baru. Kota dengan pertumbuhan pengguna baru tertinggi selama bulan Ramadan adalah Semarang, disusul dengan Malang dan Surabaya. Sementara itu, kota dengan dengan volume order tertinggi setelah Jabodetabek adalah Surabaya dan Semarang.

Tak hanya inisiatif khusus Ramadan, sejak akhir tahun lalu, Gomart telah melakukan berbagai peningkatan layanan yang ditujukkan untuk semakin mempermudah masyarakat berbelanja bahan makanan mingguan masyarakat di masa pandemi.

Beberapa hal yang dilakukan adalah penambahan pilihan merchant serta produk terutama makanan hewani dan nabati segar dan berkualitas, perluasan jangkauan layanan ke berbagai kota besar di Indonesia, peningkatan kualitas layanan dengan menghadirkan asisten belanja berpengalaman Emak Jago dan pembaruan fitur berupa pembaruan stok harian yang hingga 4x secara otomatis di aplikasi pelanggan.

“Seluruh upaya yang kami lakukan bertujuan untuk menjadikan pengalaman berbelanja bahan makanan mingguan secara online bagi masyarakat semakin mudah dan tanpa ribet. Salah satu layanan unggulan kami adalah kehadiran asisten belanja yang terlatih dan berpengalaman Emak Jago yang memudahkan masyarakat berbelanja makanan segar yang berkualitas di lebih banyak supermarket dan hypermarket yang telah bekerja sama dengan Gomart,” tutur Yoel.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)