Transaksi Zakat Mal Naik Tiga Kali Lipat Selama Ramadan

Selain mengeluarkan zakat fitrah setiap tahunnya di bulan Ramadan, terdapat juga zakat mal. Zakat Mal wajib dikeluarkan atau dibayarkan atas kepemilikan harta yang telah memenuhi syariat baik itu jumlah (nisab) dan waktu (haul) untuk mensucikan harta yang dimilikinya.

Tokopedia pun mencatat, selama Ramadan 2021 nilai transaksi zakat mal meningkat hampir 3x lipat. Sementara jumlah transaksi Donasi meningkat lebih dari 3x lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum Ramadan.

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia menyampaikan, donasi dari pengguna Tokopedia ini secara berkala disalurkan kepada sesama yang membutuhkan oleh berbagai lembaga terpercaya. "Kami terus mengedepankan kolaborasi dengan sejumlah lembaga untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah sekaligus berbagi kebaikan," katanya.

Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan, seperti fitur Fidyah, Kotak Amal, Qurban hingga Wakaf Uang. Selain berbagi kebaikan, masyarakat juga bisa beribadah lewat genggaman tangan dengan fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat yang dapat diakses melalui Tokopedia Salam.

“Sejak pertama kali diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat di Tokopedia meningkat hampir 12x lipat. Sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35x lipat,” jelas Ekhel.

Ekhel menjelaskan, Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik.

Di sisi lain, guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempererat silaturahmi di tengah pandemi dengan aman, Tokopedia juga menghadirkan Paket Selamat yang menawarkan diskon hingga 50% untuk berbagai produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher gim dan streaming hingga pembayaran listrik PLN.

“Melalui sederet inisiatif ini diharapkan dapat menyediakan akses lebih luas bagi lebih banyak masyarakat Indonesia agar bisa turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lainnya sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital,” tutur Ekhel.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)