Transformasi Franka Soeria dari Jurnalis Menjadi Pebisnis Fashion

Pergulatan seorang Franka Soeria dari serorang jurnalis menjadi penggerak sekaligus pebisnis fashion diabadikan dalam sebuah buku. Penerbit M&C! bersama Franka merilis buku Random Thoughts of Franka: A Guide to Find Yourself secara virtual. Buku ini berkisah tentang perjalanan hidup Franka yang pemalu dan memiliki kenangan masa lalu yang gelap plus kerap dirundung (bully) oleh orang-orang di sekitarnya, akhirnya meraih sukses.

Menurut penuturan Franka, ia lahir dari keluarga kecil yang bisa dikatakan “tidak normal”. Kehidupan yang ia lalui pada masa itu berbeda dengan anak seusianya, karena sejak usia lima tahun ia sudah diajarkan oleh ayahnya untuk menjadi seorang yang produktif yaitu sebagai penulis fiksi dan kreator. Dia juga mempunyai tiga saudara kandung yang secara fisik lebih unggul darinya. Karena itulah, ketika ketiga saudaranya tampil di depan panggung, Franka selalu menjadi orang yang hanya berada di belakang layar. Keadaan ini yang membuat ia bertekad untuk bekerja lebih keras lagi agar dapat menunjukkan karya-karyanya walau hanya dari balik layar saja.

Ketika beranjak dewasa, Franka memulai karier awal profesionalnya sebagai jurnalis. Namun kini ia meninggalkan profesi pewarta tersebut dan bertransformasi menjadi seorang penggerak industri modest fashion dunia yang bermukim di Turki. Kiprahnya di dunia fashion telah membawa Franka keliling mancanegara melalui salah satu karya terbaiknya yaitu Modest Fashion Weeks yang telah sukses digelar di 5 kota besar yang berbeda (Istanbul, London, Dubai, Jakarta, dan Amsterdam) sejak 2016.

Ibu satu anak ini pun senang menyebut dirinya sebagai creator dan self-funded entrepreneur, di mana ia merintis dua perusahaan yang berbeda, yaitu sebuah perusahaan konsultan fesyen bernamaThink Fashion yang didirikan di Turki dan #Markamarie (Markamarie.com), perusahaan agregator modest fashion yang berkantor di Indonesia dan Malaysia.

Sebagai salah satu diaspora yang mencintai negerinya, Franka juga tak luput memfokuskan diri untuk mendukung bakat-bakat dan inisiatif kreatif Indonesia dan Asia ke kancah global. Melalui upaya tersebut dan kisah-kisah perjalanan hidupnya, Franka berharap dapat membagikan energi positif bagi para pemimpi yang pantang menyerah dalam meraih kesuksesan, dihiasi oleh kutipan, puisi dan ilustrasi bermakna baik dalam bentuk gambar atau tulisan. Juga beberapa halaman interaktif yang bisa diisi oleh pembaca. Semua itu terangkum dalam buku barunya: Random Thoughts of Franka: A Guide to Find Yourself.

Buku #RTOF adalah buku autobiografi yang segar, pop, modern namun penuh makna, dibalut dengan bahasa dan gaya penulisan Franka yang unik. Semua masalah kehidupan dari menemukan identitas, peer pressure, politik kantor, pindah negara dan beradaptasi, menjadi ibu hingga usaha mengangkat nama negara di dunia internasional dengan segala dinamikanya. Sebuah buku yang mampu menularkan personal resilience (ketahanan diri) bagi pembacanya.

“Buku ini adalah titik balik saya menjadi penulis kembali. Dulu, saya pernah kehilangan naskah 500 halaman ini. Saya menemukan kembali sosok penulis dalam diri ketika Covid-19 memaksa saya untuk menunda hampir semua kegiatan fashion,” jelasnya dalama webinar melalui Zoom.

Buku ini ditulis pada masa awal pandemi Covid-19 selama 2 minggu. Ia menggandeng beberapa bakat muda yaitu Wita Novita Handayani sebagai illustrator dan Abiyyu Fasha sebagai illustrator foto. Selain menulis, Franka juga bertindak sebagai pengarah kreatif keseluruhan proyek ini. Ia menciptakan karya pendukung buku seperti lagu, Instagram filter, desktop wallpaper dan masih banyak lagi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)