Management Trends zkumparan

Transformasi HC di Garudafood Ciptakan Budaya Damai dan Dinamis yang Seimbang

Transformasi HC di Garudafood Ciptakan Budaya Damai dan Dinamis yang Seimbang

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) sejak berdiri pada 1958 telah bertransformasi secara bertahap mengikuti pertumbuhan perusahaan. Perubahan kondisi perusahaan ini, mempengaruhi kebutuhan human capital (HC). Transformasi HC pun dilakukan di Garudafood.

Di perhelatan The 13th Indonesia HR Excellence Conference and Awarding, kegiatan tahunan yang diselenggarakan berkat kerja sama SWA Media Inc. dengan LMFEB UI ini, Andika Rajasa, Head of Human Capital & General Affair PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk mengatakan transformasi di perusahaan yang dimulai dari bisnis keluarga menjadi bisnis profesional dengan menjadi go public company, tentu menuntut perubahan dalam pengelolaan HC.

“Kami mulai meredefinisikan lagi arah visi Garudafood di 2023, dengan menempatkan peran human capital lebih jelas, berinvestasi dalam membangun kemampuan pada core function dan kolaborasi lintas fungsi. Dengan tujuan menciptakan budaya damai dan dinamis yang seimbang,” terangnya.

Dalam mewujudkan tujuan tersebut, HC perusahaan dengan kode saham GOOD ini kemudian melakukan analisis, merefleksi dan meninjau kembali desain organisasi dan cara kerja saat ini dengan lebih memahami strategi perusahaan dan implikasinya pada struktur organisasi.

Garudafood ke depannya tidak lagi beroperasi dengan cara company to company, tapi seluruh divisi bekerja bersama dengan satu visi: “ONE Garudafood”. Untuk diketahui sebelumnya, tiap entitas dan fungsi perusahaan hanya fokus terhadap apa yang mereka lakukan untuk menjadi yang terbaik.

Langkah ini tentu berpengaruh pada struktur organisasi. HC pun melakukan penyesuaian model operasi target yang sesuai dengan fungsi-fungsi utama yang akan berperan penting dalam mewujudkan strategi perusahaan. Selain itu melakukan sentralisasi jika menemukan beberapa fungsi yang serupa baik itu di perusahaan atau anak perusahaan.

“Kami juga melakukan analisa struktur biaya dengan benchmarking ke perusahaan-perusahaan yang sudah gopublic juga, bagaimana perusahaan lain memiliki biaya karyawan yang lebih rendah dibandingkan dengan Garudafood dengan angka penjualan bersih yang lebih besar. Ini dapat menjadi ruang perbaikan bagi Garudafood untuk melakukan pembenahan dalam struktur biaya terutama pada biaya karyawan,” ungkapnya. HC juga melakukan pemetaan terhadap kondisi karyawan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

HC Garudafood pun membangun pilar-pilar strategi dalam mewujudkan Transformasi Perusahaan yang berkesinambungan melalui lima pendekatan yaitu Employee Cost & Structure Alignment, Capability Development Program, Talent Management & Future Leader, Harmonize Technology Ecosystem on HRIS, a Balance Compensation & Benefit. Fokusnya adalah pembenahan organisasi dan SDM.

Sejak 2017 Garudafood pun terah menggunakan platform teknologi baik untuk pengembangan program-program pelatihan dan budaya perusahaan.. Platformnya adalah MONICHA (My Online Learning Character) yang dapat diakses melalui melalui web maupun mobile. Dengan platform ini, program pelatihan bisa menjangkau 130 lebih lokasi kantor Garudafood di seluruh Indonesia.

Transformasi yang dilakukan secara mandiri sejak tahun 2019 – 2021 ini mempengaruhi berbagai aspek. Beberapa di antaranya adalah HC berhasil memperbaiki cost structure lebih efisien, pengembangan talenta yang lebih baik baik itu talenta yang sudah ada saat ini maupun talenta masa depan (future talent), peningkatkan yang signifikan keterlibatan pemimpin di dalam organisasi melalui coaching, sehingga peningkatan minat belajar karyawan pun meningkat.

“Kami meyakini perubahan adalah guru terbaik, transformasi dari private company menjadi public company memiliki dampak pada efektivitas dan efisiensi organisasi, sehingga mendorong terciptanya budaya balance peaceful and dynamic,” kata Andika.

Dia juga meyakini perubahan yang terjadi sangat dipengaruhi oleh sikap kepemimpinan dan komitmen dari manajemen. Untuk itu, sebagai mitra bisnis karyawan, HC terus meningkatkan kontribusinya pada pengelolaan sumber daya manusia yang berdampak pada efektivitas dan efisiensi perusahaan (lebih detil tentang transformasi HC di Garudafood bisa dibaca di Majalah SWA edisi 14/2022 yang bisa dibeli di berbagai Tokopedia dan Shopee).


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved