Transformasi Layanan Telkom Digital Solution untuk High End Market

Era digitalisasi saat ini mengharuskan sebuah perusahaan melakukan transformasi digital. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan daya saing demi mencapai  tujuan perusahaan, yaitu Drive up Revenue, Drive Down Cost, dan Drive up SLA.

Divisi Enterprise Service PT Telkomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (Telkom) berusaha memberikan solusi layanan digitalnya. Sebagai unit bisnis yang mengelola pelanggan segmen high end market, Telkom menghadirkan layanan yang proaktif, inovatif, dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan industri bernama “Telkom Digital Solution.”

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom, Judi Achmadi, mengungkapkan bahwa Telkom Digital Solution dapat membantu perusahaan untuk melakukan transformasi digital melalui digital ecosystem solution. “Digital ecosystem solution yang dihadirkan Telkom telah terintegrasi dengan mengedepankan customer experience dan business value terbaik yang diperlukan oleh high end market,” ungkapnya.

Judi  menjelaskan, solusi digital yang dihadirkan oleh Telkom Digital Solution meliputi 11 kategori solusi, yaitu pertama, Business Process Outsourcing (BPO) / Business Process Management (BPM) yang merupakan kegiatan pengalihdayaan sebagian proses bisnis perusahaan kepada pihak ketiga. Tujuannya adalah efisiensi biaya serta mengurangi risiko, di antaranya meliputi Enterprise Shared Services, Managed Service Operation, serta Integrated Health Claim Management.

Kedua, Customer Relationship Management (CRM), sistem yang dibangun perusahaan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan maupun calon pelanggan secara efektif. Sistem ini menggunakan semua data interaksi perusahaan dengan pelanggan, sehingga engagement dengan pelanggan dapat meningkat. Solusi ini meliputi Channel Digital Contact Center, CRM Analytics, dan Order Management System.

Ketiga, Data Center & Cloud Services, infrastruktur teknologi informasi yang aman dan handal dengan ketersediaan koneksi yang tinggi. Keempat, Device/Hardware & Mobility Management sebagai solusi yang meliputi Seat Management dan Enterprise Mobility Management untuk mengurangi resiko investasi perusahaan yang disebabkan oleh cepatnya perangkat menjadi obsolete.

Kelima, Digital Advertising yang meliputi Online Advertising, Mobile Advertising, Digital Out Of Home (DOOH), Big Data Analytic, dan Digital Proximity untuk membangun brand awareness, memasarkan, dan memberikan customer experience yang lebih baik.

Keenam, ICT System Integration. Solusi ini meliputi Supply Chain Management (Fleet Management System, Vessel Traffic Monitoring System, dan Warehouse Management System) dan Digital Seaport Solution (Port Community System, Terminal Operation System, Car Terminal Operating System, Integrated Mobile Truck Announcement, Integrated Port Surveillance, dan Cargo Distribution System).

Ketujuh, Payment Services meliputi Billing Payment Aggregator, E-Payment Platform, serta Online Payment Solution/Internet Payment Gateway yang dapat mengelola transaksi keuangan secara real time.

Kedelapan, M2M (Machine to Machine) / IoT (Internet of Things), merupakan solusi digitalisasi proses kerja dengan tujuan efisiensi dan efektivitas sumber daya yang meliputi Smart Home, Smart Building, Smart Metering, dan Wastewater Management.

Kesembilan, Managed Network Services (MNS) untuk pengelolaan jaringan perusahaan secara end-to-end yang meliputi MNS WAN, MNS Cloud Wireless Local Area Network (WLAN), dan WAN Optimisation. Kesepuluh, Satellite Services meliputi penyediaan kebutuhan telekomunikasi bagi masyarakat dan perusahaan di wilayah yang belum terjangkau infrastruktur kabel melalui solusi layanan VSAT (Very Small Aperture Terminal), Mobile Satellite Service (MSS), Broadband Satellite (Mangoe Sky), Broadcast Services, TV Uplink dan SNG/Satellite News Gathering.

Dan yang terakhir, kesebelas, Voice, Data & Internet Connectivity yang memberikan kemudahan akses atau konektivitas berupa layanan voice, data, dan koneksi broadband melalui akses dedicated & broadband internet. Solusi ini meliputi Voice Services, VPN IP, Metro-e, Internet Dedicated (ASTINet), IP Transit, Content Delivery Network (CDN), Global Connectivity, Wifi ID dan Radio IP.

Semua solusi yang ditawarkan Telkom Digital Solution dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan skala bisnis perusahaan. “Telkom Digital Solution akan senantiasa mendukung transformasi digital bagi perusahaan untuk berkembang dan memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan,” jelas Judi.

Editor :  Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)