Traveloka Epic Sale 2021 Diikuti Lebih dari 27.470 Mitra

Traveloka Epic Sale tahun ini telah sukses digelar pada 25-31 Maret 2021 lalu. Epic Sale merupakan inovasi strategi pemasaran berbasis teknologi dari Traveloka yang bertujuan untuk membantu mitra, termasuk UMKM, serta mendukung pemulihan ekonomi pariwisata nasional dengan terus menempatkan protokol kesehatan sebagai prioritas.

Program Traveloka Epic Sale 2021 diikuti oleh lebih dari 27.470 mitra yang meliputi: 4.350 mitra akomodasi (hotel, vila, resort, glamping, apartemen, dan lainnya), lebih dari 17.600 mitra Traveloka Xperience, lebih dari 49 mitra transportasi serta lebih dari 3.600 merchant Traveloka Eats.

Albert, Co-founder Traveloka mengatakan, “Traveloka Epic Sale 2021 diharapkan dapat secara efektif memenuhi kebutuhan konsumen maupun mitra Traveloka, khususnya UMKM, sekaligus mendukung pemerintah dalam menggerakkan roda ekonomi nasional.”

Dengan memanfaatkan kanal live stream untuk berbagi penawaran menarik dari para mitra, Traveloka Epic Sale berhasil menggaet lebih dari 5 juta pengunjung ke aplikasi Traveloka selama periode  berlangsung dan sekitar 3,9 juta penonton Traveloka Epic Live dari media sosial dan aplikasi Traveloka. Dibandingkan awal tahun lalu, Traveloka mengalami peningkatan trafik dan pemesanan produk perjalanan dan gaya hidup sebesar 2 kali lipat di periode Epic Sale.

Adapun tiga produk perjalanan dan gaya hidup yang paling diminati  adalah  pertama, akomodasi untuk staycation di hotel bintang 2-4 di Jakarta, Puncak, dan Bandung. Kedua, Traveloka Xperience, untuk pengalaman rekreasi ke Ancol (Dufan and Seaworld), The Jakarta Aquarium and Safari, dan Taman Safari Prigen. Ketiga,    Traveloka Eats Delivery untuk pemesanan makanan sehari-hari seperti kopi dan dessert, serta Eats Voucher yang bisa digunakan di Surabaya, Bandung dan Tangerang Selatan.

Peningkatan trafik dan penjualan juga dialami oleh ribuan mitra Traveloka Clean Partners lebih tinggi dibandingkan dengan mitra lain non Clean Partners. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat senantiasa mengedepankan protokol kesehatan berbasis CHSE (Clean, Healthy, Safety Environment) dalam merencanakan kebutuhan perjalanan dan gaya hidup mereka. Khusus untuk Traveloka Clean Partners, terdapat peningkatan penjualan hingga 50% dibanding mitra lain non clean partners.

Selain itu, Live Commerce dalam Traveloka Epic Live dan Epic Referral yang merupakan dua inovasi fitur terbaru dalam Eoic Sale tahun ini juga menambah kontribusi positif kepada para mitra dan pengguna Traveloka. Melalui Live Commerce, mitra Traveloka Epic Live berkesempatan melakukan promosi dan memberikan penawaran menarik melalui live streaming. Tercatat jumlah penonton (unique viewers) di sesi Live Commerce bersama mitra mencapai rata-rata 7.700. Dalam sesi live streaming bersama Marriott Indonesia, terdapat peningkatan trafik dan penjualan hingga 7 kali lipat lipat dibanding jam-jam lain selama Epic Sale. Sedangkan dalam sesi Xperience bersama Kidzoona, Jakarta Aquarium, dan Musee Indonesia, peningkatan trafik dan penjualan mencapai 3 kali lipat.

Untuk Epic Referral, pengguna berkesempatan memenangkan berbagai kupon diskon harian dan hadiah menarik dengan berbagi link Referral kepada pengguna lain selama periode program 19 - 27 Maret 2021. Di akhir periode, tercatat ada 350.000 pengguna Traveloka yang mengikuti Epic Referral dengan 71.000 link Referral yang dibagikan. Selama periode tersebut, sebanyak 3,06 juta jumlah koin juga berhasil dikumpulkan dari para pengguna Traveloka.

Traveloka Epic Sale mampu memberikan dampak positif terhadap kelangsungan roda bisnis para mitra Traveloka yang meliputi ratusan ribu pekerja sektor pariwisata. Salah satu mitra Traveloka Eats Delivery, Herman, pemilik Shabu-shabu Express, yang baru pertama kali berpartisipasi EpicC Sale tahun ini, mengungkapkan adanya kenaikan penjualan hingga 9 kali lipat  lipat dari hari biasa. Ia juga mengapresiasi program ini yang disebutnya telah membantu kelangsungan hidup para pebisnis kuliner.

Selain mendukung upaya pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi khususnya sektor pariwisata, Traveloka Epic Sale juga sejalan dengan kampanye #DiIndonesiaAja yang digalakkan oleh pemerintah untuk mendorong kemajuan pariwisata domestik.

Lima kegiatan yang paling diminati, antara lain: pertama, staycation di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, dengan tren pemesanan untuk check-in pada bulan Maret hingga awal April, dan booking window atau periode pemesanan tujuh hari sebelum periode menginap. Kedua, penerbangan ke Bali. Ketiga, pemesanan makanan secara online melalui Eats Delivery. Keempat, rekreasi ke The Jakarta Aquarium and Safari. Kelima, berkunjung ke destinasi wisata dengan transportasi darat, seperti kereta api, bus, dan rental mobil.

Kota tujuan wisata yang paling diminati berdasarkan produk perjalanan dan gaya hidup yang tersedia di aplikasi Traveloka: Akomodasi: Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta. Lalu,  Penerbangan: Denpasar, Medan, Yogyakarta. Untuk  Transportasi Darat: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya. Sedangkan  Kuliner (Traveloka Eats): Surabaya, Bandung, Tangerang Selatan, Tangerang, dan Denpasar.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)