Traveloka Epic Sale 2021 Dorong Pemulihan Pariwisata Nasional

Guna mendukung pemulihan industri pariwisata nasional, Traveloka kembali menggelar program Epic Sale. Dalam   Epic Sale 2021, Traveloka menggandeng ribuan  mitra,  sebagai manifestasi  memberikan  kontribusi  positif  terhadap  para mitra, khususnya UMKM, dalam mempertahankan roda bisnisnya, terutama di masa pandemi Covid-19.

Ajang promosi terbesar yang menjadi andalan perusahaan ini akan berlangsung mulai  dari  25  hingga  31  Maret  2021  dan  akan  menawarkan  berbagai  penawaran  spesial hingga 80% untuk hampir seluruh produk dan layanan yang ada di platform Traveloka. Mulai dari  tiket  pesawat,  hotel,  Xperience,  antar-jemput  bandara, shuttle/travel  antar  kota,  rental mobil, Eats, hingga asuransi.

Di  pengujung  2020,  Traveloka  Epic  Sale  menggandeng  lebih  dari  10.500  mitra  yang tersebar di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi. Sejumlah mitra Traveloka yang ikut serta pada Epic Sale tahun lalu menyatakan bahwa program tersebut telah memberikan dampak positif  yang  signifikan  terhadap  kelangsungan  bisnis  mereka  selama  pandemi. 

Para  mitra mengakui bahwa Epic Sale 2020 tidak hanya membantu meningkatkan eksposur, okupansi, dan  pendapatan  mereka  hingga  berkali  lipat. Namun,  juga  meningkatkan  kepercayaan  dan keyakinan  para  tamu  untuk  memilih  produk  dan  layanan  mereka  dengan  adanya  informasi terkait protokol kesehatan yang mereka terapkan di platform Traveloka.

Dalam  sambutannya, Sandiaga  Salahuddin  Uno,  Menteri  Pariwisata  dan  Ekonomi Kreatif/Kepala    Badan    Pariwisata    dan    Ekonomi    Kreatif    Republik    Indonesia, mengapresiasi upaya Traveloka dalam membantu percepatan pemulihan ekonomi pariwisata Tanah Air  melalui  program  Traveloka  Epic  Sale.  Menurutnya, sektor  UMKM  menjadi  salah  satu  sektor prioritas yang perlu didukung untuk segera pulih.

Sekitar 30 juta UMKM di seluruh Indonesia harus  menutup  usahanya  karena  pandemi,  dan  ini  tidak  boleh  dibiarkan.  Sektor  UMKM, termasuk  yang  bergerak  di  industri  pariwisata,  selama  ini  menjadi  bagian  penting  bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat dan nasional. “Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan   Ekonomi   Kreatif   (Kemenparekraf),   telah   menyiapkan   berbagai   program   untuk memulihkan sektor pariwisata, salah satunya melalui kolaborasi dengan pihak swasta. Untuk itu, kami sepenuhnya mendukung program Traveloka Epic Sale yang diadakan Traveloka, sebagai   salah   satu   mitra   penting   Kemenparekraf,   dan   berharap   program   ini   dapat memberikan kontribusi yang positif serta dampak signifikan dalam membantu pelaku usaha di bidang pariwisata, termasuk UMKM,” ungkap Sandiaga.

Albert, Co-founder Traveloka mengatakan, sebagai perusahaan teknologi, pihaknya meyakini pentingnya  inovasi  produk  dan  layanan  berbasis  teknologi  untuk  memberikan  pengalaman terbaik bagi pengguna. “Kami juga melihat penting sekali untuk menghadirkan inovasi untuk mendukung  para  mitra,  termasuk  mitra  UMKM,  agar  dapat  tetap  menggerakkan  roda bisnisnya.  Salah  satu  inovasi  yang  kami  lakukan yaitu  melalui  Traveloka  Epic  Sale  yang mendorong promosi wisata #DiIndonesiaAja,” jelas Albert.

Melalui metode pemasaran yang anyar ini, Traveloka mempromosikan  para  mitra  kepada  lebih  dari  60  juta  pengguna   di  seluruh  Indonesia dengan menghadirkan konten interaktif yang menarik. Juga memfasilitasi para mitra untuk dapat  secara  langsung  menjangkau  para  pengguna  dan memberikan  informasi menarik  yang  mereka  tawarkan.  “Kami  melihat  strategi  ini  dapat  secara  efektif  memenuhi kebutuhan  konsumen  maupun  mitra  Traveloka,  sekaligus  mendukung  pemerintah  dalam menggerakkan roda ekonomi nasional,” ujar dia.

Gathi Subekti, Pemilik Pawon Cokelat Guesthouse, salah satu mitra Traveloka yang ikut serta  dalam  Traveloka  Epic   Sale  tahun  ini  mengatakan,  Traveloka  secara  konsisten memberikan  dukungan  yang  besar  bagi  kami  para  pelaku  usaha  di  sektor  pariwisata  yang mendapatkan dampak cukup signifikan, terutama di kondisi pandemi saat ini. Hal ini tercermin dengan  adanya  peningkatan  pemesanan  setelah  menjalani  kolaborasi  promosi  dengan beragam program inovasi.

Sebagai pelaku  industri  di  sektor  perhotelan,  Gathi  yakin  bahwa  program  ini  sangat  membantu meningkatkan  tingkat  hunian  di  tengah  lesunya  kunjungan  wisatawan  akibat  pandemi. Bertempat  di  lokasi  yang  strategis  di  pusat  kota  Yogyakarta,  Gathi  optimistis  program Traveloka  Epic  Sale  tahun  ini  akan  membantu  memulihkan  secara  signifikan kunjungan wisatawan ke tempatnya.

Traveloka  Epic  Sale  2021  ini  akan  diikuti  oleh  lebih  dari 4.350  inventori  akomodasi  yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari hotel, villa, resort, glamping, apartemen dan lainnya. Selain  itu,  program  ini  juga  akan  diikuti  puluhan  inventori  transportasi,  lebih  dari  17.600 inventori  Traveloka  Xperience,  lebih dari  3.600 merchant Traveloka  Eats,  dan  ribuan  mitra lainnya dari berbagai produk travel dan lifestyle. Dengan total lebih dari 27.470 mitra yang ikut serta tahun ini, masing-masing mitra akan menawarkan berbagai promo yang sangat menarik bagi pengguna Traveloka.

“Program ini ibarat sebuah ‘marketplace’yang mempertemukan secara virtual penjual produk dan layanan dengan konsumen yang masing-masing pihak jumlahnya sangat besar. Hal ini sangat  mungkin  dilakukan  karena  didukung  infrastruktur  teknologi  yang  dimiliki  Traveloka. Selain  untuk  mempermudah  pengguna  dalam  menikmati  produk  dan  layanan  mitra  k, inovasi  berbasis  teknologi  juga  difokuskan  untuk  menggalakkan  penerapan  protokol kesehatan  dan safe  traveling selama  pandemi. 

Fitur  Traveloka  Clean  Partners  memungkinkan  pengguna  untuk  secara  mudah  mengidentifikasi  para  mitra  yang telah  menerapkan  protokol  CHS-E  (Clean,  Health,  Safety,  Environment)  yang  dianjurkan Kemenparekraf  dan  WHO  serta  mitra  yang  telah  mendapatkan  sertifikat  CHS-E dari Kemenparekraf.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)