Traveloka Optimistis Tren Wisata 2019 Tetap Bagus

Menyadari tingginya kebutuhan konsumen terhadap layanan wisata dan gaya hidup, tahun ini Traveloka berupaya menjawab kebutuhan pengguna dengan memperkenalkan berbagai fitur dan layanan yang dapat melengkapi perjalanan melalui satu aplikasi. Mulai dari perencanaan liburan, memilih destinasi, moda transportasi, tempat menginap, hingga aktivitas dan objek-objek wisata.

Berdasarkan studi internal Traveloka, ada beberapa tren wisata masyarakat Indonesia yang berkembang saat ini yakni banyak yang mencari inspirasi perjalanan melalui online atau di media sosial dan yang bepergian secara kelompok atau keluarga nyatanya akan lebih terencana. “Empat dari lima pengguna memilih untuk membeli tiket transportasi sebelum menentukan akomodasi. Mayoritas pengguna memesan akomodasi dua hingga tiga minggu sebelum waktu keberangkatan, dengan mempertimbangkan lokasi serta hotel yang instagrammable juga menjadi pilihan,” ujar Kurnia Rosyada, Vice President of Marketing Traveloka.

Selama liburan, jenis kegiatan yang paling populer adalah mengunjungi wisata kuliner, taman hiburan, tempat bersejarah, wisata alam, dan shopping. “10 destinasi domestik paling populer tahun ini, di antaranya Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Palembang, Semarang, dan Batam. Selain itu, ada 10 destinasi internasional paling populer tahun ini, di antaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Hongkong, Cina, Australia, Filipina, Taiwan, dan Timor Leste. 8 dari 10 masyarakat Indonesia memilih untuk tetap terkoneksi dengan Internet saat bepergian keluar negeri.” papar Kurnia.

Kurnia pun menekankan bahwa Traveloka berkomitmen untuk terus menciptakan seamless booking experience bagi pengguna dengan menghadirkan berbagai produk dan fitur baru. “Selama tahun 2018, kami telah memperkenalkan produk baru seperti Bus, Kuliner dan Sewa Mobil. Fitur-fitur baru juga melengkapi pengalaman pengguna, seperti PayLater dan Status Penerbangan. Dengan semakin tingginya kebutuhan pengguna, kami selalu berusaha untuk menyediakan layanan yang dapat melengkapi momen liburan yang dapat diakses melalui satu aplikasi," ungkap dia.

Berkaitan dengan hal tersebut, tahun ini, Traveloka memperkenalkan beberapa produk seperti layanan transportasi bus yang telah bekerja sama dengan 85 mitra bus dan travel untuk melayani lebih dari 4.500 rute antar kota di Indonesia. Selain itu, Traveloka juga menyediakan berbagai pilihan dan panduan kuliner bagi pengguna, melalui kurasi Kuliner Traveloka di tujuh kota dan lebih dari 700 brand restoran di Indonesia. Traveloka juga menawarkan sewa mobil yang akan melengkapi pilihan transportasi pengguna. Layanan ini telah tersedia di 11 kota besar di seluruh Indonesia dan telah bekerja sama dengan lebih dari 100 penyedia yang terpercaya.

Untuk semakin memudahkan pengalaman perjalanan pengguna, Traveloka juga meluncurkan fitur PayLater yang merupakan fasilitas pembayaran yang memungkinkan pengguna untuk menunda pembayaran dengan biaya angsuran yang rendah. Selain itu, Traveloka juga menambahkan fitur ‘Status Penerbangan’ dan ‘Train Seat Alert’ di mana pengguna dapat melihat informasi penerbangan sekaligus tiket kereta apabila ada penumpang yang membatalkan tiket mereka. Tahun ini Traveloka juga memperkenalkan Go Beyond atau Jelajah Lebih Jauh yang menunjukkan 10 destinasi prioritas yang direkomendasikan oleh Kementerian Pariwisata.

“Kami melihat bahwa tahun depan kegiatan berlibur masih akan terus menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Selain itu, kebutuhan masyarakat Indonesia untuk waktu berlibur akan terus meningkat dan tempat-tempat yang instagrammable juga akan tetap menjadi salah satu pertimbangan utama untuk mengunjungi suatu tempat. Oleh karena itu, kami akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan relevan kepada para pengguna kami untuk meningkatkan pengalaman liburan mereka menjadi lebih baik,” ujar Kurnia.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)