Marketing Trends

Traveloka Staycation Week 2022 Wujudkan Aspirasi Berlibur Masyarakat

Traveloka Staycation Week 2022 Wujudkan Aspirasi Berlibur Masyarakat
(kiri ke kanan ) Gavin Gunawan, CEO & Rev Director of Verse Hotel dan Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka

Platform perjalanan dan gaya hidup di Asia Tenggara, Traveloka merilis Traveloka Staycation Week 2022. Program yang menawarkan diskon hingga 70% untuk berbagai produk akomodasi, transportasi, hingga atraksi wisata ini merupakan wujud komitmen Traveloka untuk mewujudkan rencana liburan para pengguna.

Kehadiran program ini didorong oleh tren tingginya minat masyarakat untuk melakukan perjalanan dan liburan yang semakin menguat,. Hal ini tercermin dalam survei internal Traveloka pada September 2022 yang menyebutkan bahwa 70% pengguna telah merencanakan liburannya dalam waktu dekat. Sebanyak 75% pengguna telah merencanakan perjalanan liburan domestik dengan kota tujuan terfavorit seperti Bandung, Yogyakarta dan Bali.

Saat pandemi, staycation menjadi salah satu tren wisata yang digemari dan menjadi bagian dari gaya hidup para pengguna. Tren tersebut kini memiliki arti lebih luas, dari sekadar liburan di dalam kota menjadi short getaway (liburan singkat). Google Year in Search Indonesia 20211 melaporkan hasil penelusuran staycation di Google meningkat hingga 85%. Ini juga terefleksi dengan data internal Traveloka bahwa staycation yang dilakukan oleh konsumen Traveloka pada Agustus 2022 di dalam kota naik dua kali lipat dibandingkan dengan 2021.

Kriteria staycation yang digemari oleh konsumen Traveloka yaitu menginap di akomodasi yang memiliki pemandangan indah, dekat dengan pusat perbelanjaan dan atraksi wisata, memiliki kolam renang dan fasilitas kamar yang memadai.

Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka mengatakan, sejak awal tahun, masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas secara normal dan minat berwisata masyarakat terus bergeliat. Khususnya dalam enam bulan terakhir, kami juga mencatat pertumbuhan tren berlibur staycation yang kini terus meningkat popularitasnya, seiring dengan peningkatan jumlah konsumen yang melakukan perjalanan dan berlibur. Sebagai perusahaan teknologi yang terus berinovasi, kehadiran Traveloka Staycation Week 2022 merupakan wujud komitmen dalam memberikan keuntungan lebih dan memenuhi aspirasi berlibur konsumen menjelang libur akhir tahun.

“Terlebih dari itu, sejalan dengan program pemulihan sektor pariwisata, Traveloka Staycation Week juga diadakan sebagai bentuk dukungan berkelanjutan bagi inisiatif pemerintah dengan berupaya untuk terus mempromosikan berbagai destinasi wisata untuk mendorong percepatan pemulihan sektor pariwisata ke tingkat sebelum pandemi sekaligus membantu menstimulasi peningkatan bisnis para mitra,” Shirley mengungkapkan.

Gavin Gunawan, CEO & Rev Director of Verse Hotel menyambut baik program ini dan mengatakan, peningkatan tren staycation dan liburan masyarakat dalam beberapa bulan terakhir menumbuhkan harapan sekaligus optimisme pelaku industri pariwisata seperti kami. Kami mengapresiasi Traveloka yang telah menginisiasi Traveloka Staycation Week, yang menjadi sarana bagi kami memperluas jangkauan pasar, memudahkan kami dalam menghadirkan inovasi, memberikan kemudahan, serta menawarkan berbagai benefit bagi pelanggan yang ingin merencanakan liburan dan perjalanan mereka.

Berlangsung selama dua pekan, Traveloka Staycation Week 2022 terbagi dalam dua periode, yakni periode pemesanan dan periode menginap. Periode pemesanan akan berlangsung pada tanggal 21–28 Oktober 2022 dengan diskon hingga 70% untuk berbagai produk. Sementara periode staycation akan berlangsung pada 29 Oktober–3 November 2022. Meskipun demikian, konsumen tetap dapat melakukan pemesanan pada periode staycation untuk kebutuhan libur akhir tahun dengan promosi yang tidak kalah menarik.

Melalui Traveloka Staycation Week 2022, Traveloka bersama para mitra menawarkan diskon hingga 70% untuk pemesanan produk perjalanan seperti layanan Hotel dan Holiday Stays, tiket pesawat, airport transfer, bus & travel, hingga Traveloka Xperience untuk produk atraksi wisata, tur, spa dan kecantikan serta masih banyak produk Traveloka lainnya.

Pada periode pemesanan di tanggal 21–28 Oktober 2022, pengguna Traveloka dapat menikmati diskon hingga 70% sepanjang hari. Selain itu, untuk semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk yang diincar dengan harga yang bersahabat, Traveloka juga mengadakan Traveloka Grand Bazaar dan Group Buy setiap pukul 12:00 hingga 23:59 WIB, TSW Hour yang berlangsung pada siang dan malam hari di mana konsumen mendapatkan diskon di kota-kota destinasi favorit seperti Medan, Surabaya, Bali, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Semarang, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Bekerja sama dengan lebih dari 6.900 pelaku industri pariwisata di Indonesia, Traveloka juga siap menembus rekor MURI dengan jumlah orang terbanyak yang membunyikan bel hotel pada waktu bersamaan sebagai tanda dimulainya promosi Traveloka Staycation Week pada 21 Oktober 2022 nanti.

“Sebagai platform perjalanan dan gaya hidup, Traveloka berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi nasional melalui berbagai upaya menggandeng para mitra di setiap inisiatif termasuk Traveloka Staycation Week, sehingga semua pihak dapat berperan aktif dalam berkontribusi mendorong kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi secara berkelanjutan,” tutur Shirley.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved