Marketing Trends

Traveloka Staycation Week Catat 5 Destinasi Wisata Domestik Baru

Traveloka Staycation Week Catat 5 Destinasi Wisata Domestik Baru
Traveloka Staycation Week 2002 mencatat peningkatan trafik dan pemesanan di sejumlah lini produknya

Menuju periode liburan akhir tahun 2022, para pelancong sudah tampak sibuk merencanakan perjalanan liburan ke berbagai daerah di Indonesia. Diselenggarakan pada 21 Oktober hingga 3 November 2022, Traveloka Staycation Week 2002 mencatat peningkatan trafik dan pemesanan di sejumlah lini produknya

Program ini merupakan bagian dari komitmen Traveloka untuk mewujudkan rencana liburan pengguna, khususnya menjelang akhir tahun di tengah meningkatnya tren liburan staycation. Hal ini juga didukung dengan data internal Traveloka yang menunjukkan bahwa peningkatan tren staycation secara domestik dan internasional mencapai lebih dari 100 persen, atau sudah melebihi pada saat pra pandemi.

Saat peluncurannya, Traveloka Staycation Week berhasil memecahkan rekor MURI untuk peserta terbanyak yang menekan bel hotel secara bersamaan untuk menandakan dimulainya periode Traveloka Staycation Week 2022, dengan melibatkan 744 peserta yang terdiri dari mitra Traveloka, Traveloka Travel Friends, dan komunitas traveler yang bergabung baik secara online maupun offline di Godwitorium Traveloka Campus di BSD, Tangerang.

Disambut antusias oleh para konsumen, gelaran promosi ini juga menunjukkan adanya tren unik dan menarik terkait minat yang cukup tinggi terhadap destinasi wisata yang belum banyak diketahui masyarakat luas atau biasa disebut dengan destinasi ‘hidden gems’. Destinasi hidden gems ini menawarkan keindahan alam yang memesona serta ragam aktivitas wisata yang menarik.

Staycation yang awalnya mulai meningkat sejak pandemi, kini semakin digemari masyarakat. Pengguna Traveloka memilih staycation sebagai bentuk liburan singkat untuk beristirahat dari rutinitas sehari-hari tanpa perlu menanti libur nasional atau libur panjang sekolah.

“Dengan maraknya tren staycation bagi masyarakat, kami menyambut minat konsumen terhadap destinasi wisata baru yang mencatatkan peningkatan pemesanan yang signifikan. Kami berterima kasih kepada pemerintah yang mendorong pemerataan infrastruktur sehingga akses untuk destinasi baru semakin terbuka. Traveloka juga siap memperkuat peran sebagai platform perjalanan dan gaya hidup yang dapat mewujudkan beragam aspirasi para penggunanya. Kami harap kesuksesan Traveloka Staycation Week dapat semakin memperkuat ekosistem pariwisata nasional,” ujar Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka.

Shirley menuturkan, lima destinasi baru favorit pilihan konsumen Traveloka Staycation Week 2022 serta aktivitas wisata menarik di sekitarnya yang bisa menjadi inspirasi liburan berikutnya:

Pertama, wisata pantai di Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Bagi pecinta pantai yang anti-mainstream, Bolaang Mongondow bisa menjadi pilihan utama. Dengan pesona wisata pantai yang indah dan belum banyak dijamah pengunjung, traveler dapat berkunjung ke Pantai Pasir Putih di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow.

Kedua, mengulik sejarah di Sragen, Jawa Tengah. Bagi penggemar wisata edukasi, Sragen di Jateng memiliki banyak pesona wisata yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Sebut saja berkunjung ke Museum Prasejarah Sangiran yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda purbakala. Tidak hanya menawarkan nilai sejarah, Sragen juga memiliki wisata alam yang indah, seperti Gunung Kemukus, Gemolong Edupark dan air terjun Kedung Grujug bisa menjadi pilihan.

Ketiga, wisata alam di Tabalong, Kalimantan Selatan. Goa Liang Tapah di Tabalong cocok untuk turis yang gemar wisata adventure. Goa ini termasuk geosite di wilayah Geopark Meratus di Provinsi Kalimantan Selatan. Berlokasi sekitar 3 kilometer dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro, goa ini cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Keempat, berkunjung ke Negeri Dongeng di Biak Numfor, Papua. Destinasi ini terletak di Kampung Padwa, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Papua. Destinasi ini biasa juga dikenal dengan Negeri Dongeng Barupi Padwa Sup, yang menyuguhkan pemandangan alam dan hutan yang masih asri.

Kelima, eksotisme Danau Biru di Majalengka, Jawa Barat. Bagi penikmat fotografi, Majalengka memiliki blue lagoon kenamaan bernama Telaga Nila. Sembari menikmati keindahan pemandangan air danau berwarna biru kehijauan, juga bisa snorkeling dan melihat lebih dekat ikan warna-warni di telaga. Melengkapi pengalaman wisata air, Majalengka juga memiliki pilihan kegiatan seperti spot river tubing atau arung jeram.

Menggandeng hampir 7.000 mitra di sektor pariwisata seluruh Indonesia, Traveloka Staycation Week menjadi wujud nyata komitmen untuk menjaga momentum kebangkitan sektor pariwisata.

Selain lima destinasi di atas, kota-kota seperti Palembang, Balikpapan, Pekanbaru, Batam, Lampung dan Padang juga termasuk dalam destinasi alternatif favorit konsumen selama program Traveloka Staycation Week berlangsung.

Jumin Hidayat, Executive Assistant Manager Wyndham Opi Hotel Palembang, mengatakan “Selama setahun terakhir, kami melihat kota Palembang menjadi destinasi pilihan konsumen untuk melakukan staycation. Bergabung dalam program Traveloka Staycation Week membawa respons positif dari konsumen, terlihat dari adanya peningkatan transaksi hingga 2 kali lipat dibandingkan periode biasa.”

Adanya tambahan fitur Traveloka Live Sale saat periode Traveloka Staycation Week juga membantu menghadirkan tambahan kupon diskon spesial yang memberikan penawaran yang menguntungkan bagi konsumen. Kami berharap kerja sama dengan Traveloka semakin membuahkan hasil positif terhadap pertumbuhan sektor pariwisata ke depannya, khususnya dapat membantu mencapai target kunjungan 1,5 juta wisatawan ke kota Palembang tahun ini.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved