Marketing Trends zkumparan

Traveloka Xperience Wujudkan Misi #EmpoweringDiscovery

Traveloka Xperience Wujudkan Misi #EmpoweringDiscovery
Christian Suwarna, CEO Traveloka Experience (ke-2 dari kiri)

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) sejak 2015 hingga 2017, secara statistik rata-rata biaya hiburan (per kapita per bulan) naik 30,96%. Fenomena pergeseran pola konsumsi ke arah leisure economy ini terjadi di hampir semua negara pada masyarakat kelas menengah, termasuk Indonesia.

Jika mengacu pada kriteria Asian Development Bank (ADB) yang mendefinisikan kelas menengah dengan rentang pengeluaran per-kapita per hari antara US$ 2-20, maka jumlah kelas menengah di Indonesia saat ini mencapai 134 juta jiwa.

Potensi kelas menengah yang terus tumbuh, didukung perkembangan teknologi informasi yang kian canggih, tidak berlebihan jika masa depan leisure economy di Indonesia sangat menjanjikan. Lebih dari 70% kaum milenial menurut studi Grup Haris lebih memilih untuk menghabiskan pengeluaran mereka untuk sebuah ‘pengalaman’ daripada ‘benda’. Mereka cenderung lebih memilih untuk mencari pengalaman seperti pergi ke konser artis idola, mendaki Gunung Bromo, ikut tur menjelajahi Hanoi, naik rollercoaster di taman hiburan, dan masih banyak lainnya, dibandingkan untuk membeli mobil, rumah, ataupun pakaian.

Traveloka menyadari adanya fenomena pergeseran pola konsumsi ke leisure economy yang terjadi ini menyebabkan perubahan kebutuhan masyarakat dari konsumsi berbasis barang ke konsumsi berbasis pengalaman. Traveloka kini hadir sebagai discovery platform, dengan misi untuk hadir bagi para penggunanya sebagai lebih dari platform pemesanan tiket. Traveloka ingin hadir untuk memperkenalkan bagaimana teknologi dapat membantu dan mempermudah kegiatan sehari-hari, sehingga dapat memenuhi kebutuhan serta memperkaya pengalaman hidup para penggunanya.

Mulai tahun ini, Traveloka melebarkan sayapnya dengan melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan travel dan lifestyle yang terintegrasi dalam satu aplikasi, melalui Traveloka Xperience. Hingga hari ini, Traveloka telah berekspansi ke 6 negara di Asia Tenggara serta Australia. Dengan Traveloka Xperience memantapkan diri sebagai platform pemesanan travel dan gaya hidup.

Para pengguna layanan Traveloka di 7 negara tempat Traveloka beroperasi tersebut dapat menikmati beragam kemudahan dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup yang berkualitas. Menyediakan 12 kategori produk, Traveloka Xperience memperkenalkan wajah baru yang akan membawa pengguna untuk merasakan beragam pengalaman seru saat liburan atau melakukan aktivitas sehari-hari di luar maupun dalam negeri.

Traveloka Xperience adalah platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup, meliputi atraksi, bioskop, event, hiburan, spa & kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan & minuman, dan kursus & workshop. Traveloka Xperience juga menawarkan ribuan pilihan pengalaman di seluruh dunia yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya, didukung dengan berbagai pilihan metode pembayaran yang beragam, proses pemesanan yang cepat dan praktis, serta rasa aman dan bebas cemas dengan adanya layanan customer service 24/7, dan dilengkapi dengan 6 pilihan bahasa untuk semakin memudahkan para pengguna.

Christian Suwarna, CEO Traveloka Experience, menjelaskan, sebagai bagian dari wujud discovery platform, Traveloka Xperience menyediakan beragam inventori terbaik untuk pilihan aktivitas liburan dan gaya hidup di dalam maupun luar negeri, sehingga pengguna dapat merasakan beragam pengalaman seru saat liburan atau melakukan aktivitas sehari-hari.

“Kami juga memiliki misi untuk memperkaya kehidupan para pengguna dengan memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman yang lebih dari sekadar bepergian, yakni pengalaman yang unik dan tak terbatas. Kehadiran Traveloka Xperience diharapkan dapat menjadi solusi terbaik untuk memudahkan para pengguna dalam mencari inspirasi hingga mengalami proses pemesanan yang aman dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup berkualitas,” ungkap Christian.

Mengenai peluncuran wajah baru Traveloka Xperience ini, Terry Santoso, Head of Xperience Product Marketing Traveloka, menambahkan, selain menyediakan inventori terbaik, Traveloka Xperience juga menyediakan beragam kemudahan lainnya bagi para pengguna, seperti rekomendasi aktivitas liburan maupun gaya hidup yang telah dikurasi agar sesuai dengan lokasi maupun destinasi pengguna, hingga layanan Easy Access yang bukan hanya mempermudah pengguna dalam memasuki area wisata dan aktivitas, melainkan juga membantu mitra atau pengelola tempat wisata untuk mengadopsi teknologi terbaru yang dapat menunjang pelayanan yang mereka miliki. Dalam rangka memeriahkan peluncuran Traveloka Xperience ini, beragam promo menarik mulai dari atraksi wahana dalam negeri hingga mancanegara kini dapat dinikmati pengguna di platform Traveloka.

Widi Mulia, selebriti pengguna Traveloka Xperience bersama keluarga turut menyampaikan antusiasme terhadap peluncuran wajah baru Traveloka Xperience. “Dulu kami sekeluarga seringkali mengalami kendala saat mengunjungi tempat wisata. Contohnya harus mengantre lama saat ingin membeli tiket maupun saat memasuki area wisata,” ujar dia.

Hadirnya Traveloka Xperience ini menjadi jawaban dari masalah Widi sekelarga saat berpergian. Dengan Traveloka Xperience, mencari inspirasi destinasi wisata hingga pemesanan tiketnya menjadi lebih mudah karena semua dapat diperoleh secara online dan pastinya tanpa antre. Tak hanya itu, kemudahan yang diberikan meliputi informasi destinasi wisata yang lengkap, serta yang paling ditunggu-tunggu, diskon atau promo yang menarik setiap harinya.

Sementara itu, Ir. Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata RI, menyatakan dukungan penuh terhadap peluncuran wajah baru Traveloka Xperience. “Komitmen Traveloka melengkapi kebutuhan eksplorasi pelanggan dalam hal pengalaman aktivitas liburan dan gaya hidup ini positif. Hal ini secara tidak langsung juga akan membantu bisnis pariwisata Indonesia secara menyeluruh dengan menjangkau seluruh konsumen di negara-negara tempat Traveloka beroperas,” jelasnya.

Diunduh lebih dari 40 juta kali dengan lebih dari 35 juta pengguna aktif di setiap bulannya, menjadikan Traveloka satu-satunya discovery platform di Asia Tenggara. Saat ini, Traveloka Xperience memiliki inventori lebih dari 15 ribu yang tersebar di 60 negara.

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved