Business Research Trends

Tren Belanja Online 2022, Gen Z Suka Beli Mie Instan dan Serum Wajah

Data tren belanja online di Tokopedia pada 2022, Gen Z banyak yang membeli mie instan dan serum wajah untuk menjaga kesehatan muka. (Ilustrasi Dok Tokopedia)

E-commerce Tokopedia memaparkan data tren belanja online di Tokopedia selama 2022. Tahun lalu, animo masyarakat menggunakan aplikasi Tokopedia diklaim masih tinggi. Produk rumah tangga, makanan dan minuman, kesehatan, elektronik dan fesyen menjadi kategori produk terpopuler.

Tokopedia mencatat peningkatan transaksi lewat fitur Dilayani naik sebesar 2,5 kali lipat. Produk seperti popok anak, sembako dan deterjen adalah produk paling banyak dibeli. “Kami juga melihat penjual yang memanfaatkan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia mengalami rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 2,5 kali lipat,” kata Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan resmi dikutip Selasa (7/2/2023).

Di sisi lain, beras, telur ayam, mie instan dan roti menjadi produk yang paling laris lewat fitur Tokopedia Now, yakni fitur layanan yang memberikan pengiriman produk kebutuhan harian dalam waktu maksimal 2 jam. “Data internal kami mencatat pengguna yang memanfaatkan Tokopedia Now meningkat lebih dari 10 kali lipat,” kata Ekhel.

Konsumen juga memanfaatkan berbagai produk atau layanan untuk memenuhi beragam kebutuhan lain, salah satunya membayar pajak. Sepanjang 2022, Penerimaan Negara, PBB dan E-Samsat menjadi jenis pajak yang paling banyak dibayar lewat Tokopedia.

“Kami melihat penjualan voucher makanan di Tokopedia meningkat hingga 6,5 kali lipat. Peningkatan signifikan pun terjadi di penjualan tiket event sebesar lebih dari 15 kali lipat,” ucap Ekhel.

Menurut Ekhel, belanja online juga masih menjadi pilihan masyarakat termasuk generasi Z atau gen Z (usia 18-24 tahun). Sepanjang 2022, misalnya, kategori kesehatan, kecantikan, fesyen, handphone dan gadget, serta makanan dan minuman menjadi yang paling dicari gen Z di Tokopedia.

“Gen Z cenderung memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya terus menjalankan protokol kesehatan. Pada kategori Kesehatan di Tokopedia, misalnya, produk masker medis, obat herbal hingga tisu menjadi produk yang laris manis di kalangan gen Z selama 2022,” ucapnya.

Selain menjaga kesehatan tubuh, gen Z cenderung peduli menjaga kesehatan wajah. Terbukti dari produk serum wajah, krim wajah dan pembersih wajah yang menjadi produk paling banyak dibeli gen Z lewat kategori Kecantikan di Tokopedia.

Gen Z juga gemar tampil modis, di sub kategori Fashion Wanita, tas selempang, hijab segi empat serta sandal menjadi produk paling laku, sedangkan pada sub kategori Fesyen Pria, kaos, sneakers dan kemeja menjadi produk yang laris diburu gen Z melalui Tokopedia.

“Gen Z sering berbelanja berbagai produk kebutuhan elektronik. Kabel data, perangkat Android dan pelindung layar handphone menjadi beberapa produk yang paling laris di kalangan gen Z lewat kategori Handphone dan Gadget. Di sisi lain, pada kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia, gen Z paling sering membeli mie instan, keripik, serta biskuit dan wafer,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved