Tren Olahraga di Rumah Meningkat, Ini Strategi Speeds Tingkatkan Penjualan

Meningkatnya aktivitas olahraga di rumah ini dapat dilihat dari tingginya penjualan peralatan gym di marketplace di Indonesia (Foto: ist)

Pandemi Covid-19 menyadarkan banyak orang tentang pentingnya berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar misi menjaga kebugaran tubuh ini tidak terganggu, masyarakat disarankan untuk menjalankan olahraga di rumah demi mencegah penularan virus Covid-19.

Meningkatnya aktivitas olahraga di rumah ini dapat dilihat dari tingginya penjualan peralatan gym di marketplace di Indonesia. Riset Brand Choice Index 2021 yang dilakukan oleh Tras n Co Indonesia, menemukan beberapa brand peralatan gym paling laku di marketplace, salah satunya adalah Speeds yang mencatatkan transaksi tertinggi yakni mencapai 15 ribu transaksi di dua marketplace teratas untuk tiga kategori produk; Dumbbell, Gym Ball, dan Hand Grib.

Indrawati, General Manager Brand Speeds mengungkapkan, sejak awal pandemi Covid-19 berlangsung di tahun 2020, pihaknya mencatat penjualan yang semakin meningkat. Ini menandai olahraga di rumah semakin digemari masyarakat. “Di masa pandemi, kami memiliki peluang besar untuk penjualan, dan menjadi brand nomor satu pilihan konsumen,” ujar Indrawati.

Brand yang hadir sejak 2015 ini pun memanfaatkan situasi yang terjadi guna menggenjot penjualan. Speeds semakin aktif menjalin komunikasi dengan konsumen, dengan cara menjawab pertanyaan dan melayani komplain dengan sangat cepat. "Selain itu, kami juga aktif membangun brand awareness agar semakin banyak konsumen yang mengenal brand Speeds sebagai merek yang terjangkau namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan brand yang lebih menawarkan harga lebih mahal," kata Indrawati.

Untuk semakin mengenalkan keunggulan produk yang dimiliki, Speeds mengedukasi calon konsumen bahwa produk yang ditawarkan merupakan produk dengan desain yang menarik dan nyaman untuk digunakan. Sementara untuk menjangkau konsumen yang semakin luas, Speeds memaksimalkan distribusi untuk menjangkau wilayah-wilayah terpencil di Indonesia. “Kami bekerjasama dengan toko offline untuk menjangkau seluruh masyarakat Indonesia termasuk di wilayah-wilayah terpencil."

Lebih lanjut Indrawati menjelaskan, Speeds merupakan distributor resmi produk Speeds dari China. Selain itu Speeds menggandeng sejumlah perusahaan di sejumlah kota di China untuk menghadirkan beragam produk yang dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia. Karena itu Speeds tidak hanya menjual peralatan gym, tapi juga beragam peralatan olahraga dan outdoor seperti sepeda dan tenda.

“Kami juga menjual berbagai mainan anak, peralatan rumah tangga dan dapur. Karena kami ingin ketika masyarakat mengunjungi toko kami, mereka mendapatkan semua barang yang mereka inginkan,” tutur Indrawati.

Diakui Indrawati, meski Speeds merupakan pendatang baru, tetapi pihaknya memiliki sejumlah keunggulan seperti dari segi harga yang terjangkau tetapi tetap berkualitas. Untuk menjamin kualitas yang dimiliki, Speeds memastikan setiap produk yang dijual dihasilkan oleh perusahaan-perusahaan berkompeten. “Dan dalam distribusi dihandle sendiri, untuk menjaga mutu barang sampai di Indonesia,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)