Turis Indonesia Kini Bisa Melakukan Pembayaran di Thailand Lewat Dana

Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 salah satunya merumuskan standarisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code. Interkoneksi tersebut resmi diimplementasikan oleh Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) dengan melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran di kedua negara yang diharapkan dapat menggerakan transaksi yang lebih tinggi sehingga dapat membantu pertumbuhan pariwisata dan UMKM.

Inisiatif ini juga merupakan salah satu langkah untuk mendukung terciptanya ekosistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi. Dana, perusahaan teknologi keuangan tanah air, didapuk menjadi jasa pembayaran non bank yang menerapkan pembayaran lintas negara baik sebagai issuer maupun acquirer.

“Implementasi ini selaras dengan visi DANA yang terus berkomitmen untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sebagaimana prioritas strategis Pemerintah Indonesia dan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang disusun oleh Bank Indonesia,” kata Vince Iswara, CEO & Co-Ffounder Dana Indonesia.

Dengan sistem interkoneksi itu, pengguna Dana yang melakukan perjalanan ke Thailand sudah dapat melakukan pembayaraan di beberapa merchant di Thailand dengan memindai QR pada merchsnt yang dipilih. Begitu juga dengan turis Thailand yang berkunjung ke Indonesia. “Kami juga akan melakukan edukasi bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menyukseskan penggunaan QR Cross Border yang berkelanjutan,” kata dia menegaskan.

Sebagai tambahan, Dana telah merangkul 23,5 juta merchant dalam jaringan QRIS Nasional, termasuk didalamnya 500 ribu UMKM yang merupakan mitra Dana.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)