UangTeman Capai Lebih dari 2.000 Nasabah di Jateng

Setelah satu tahun terakhir melayani wilayah Jawa Tengah (Jateng), UangTeman.com, penyedia layanan pinjam uang berbasis online, mencatat telah mendapat lebih dari 2.000 nasabah di wilayah tersebut, dengan jumlah 50% berasal dari Yogyakarta.

Hingga saat ini jumlah penyaluran pinjamannya terus meningkat mencapai Rp 2 miliar. Berdasarkan data tersebut UangTeman ingin terus meningkatkan layanan agar dapat memberikan jawaban terhadap persoalan ekonomi masyarakat di Jateng, khususnya yang berada di wilayah Yogyakarta, Semarang, Magelang, Klaten, dan Solo.

Konferensi Pers UangTeman di Yogyakarta (Foto: Yosa/SWA)

Donna Arifin, Direktur Marketing & Komunikasi UangTeman, mengaku optimistis bahwa layanan pinjaman online yang diberikan UangTeman trennya akan terus meningkat karena menawarkan proses pengajuan yang mudah, tanpa jaminan, dan cair dalam waktu palling lambat dua hari.

“Permintaan pinjaman dana tunai melalui UangTeman di Yogyakarta, Semarang, Magelang, Klaten, dan Solo semakin bertambah. Sejauh ini rata-rata jumlah pinjaman dari nasabah kami di Jateng sebesar Rp 2 juta dari jumlah yang dapat disalurkan oleh UangTeman di kisaran Rp 1 juta sampai Rp 4 juta,” terangnya.

UangTeman berharap mampu mendongkrak laju kredit Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Alasannya, karena sekitar 40% nasabah UangTeman di Jateng adalah pelaku UKM, dan sisanya berasal dari kalangan profesional atau karyawan.

“Di tengah melambatnya pertumbuhan kredit UKM di Jateng per Januari 2017 yang hanya 10,97%, UangTeman berharap mampu berkontribusi terhadap percepatan bisnis UKM. Menurut data, tujuan penggunaan pinjaman dari nasabah kita presentasenya adalah 30% untuk UKM, 25% untuk pendidikan, 25% untuk kesehatan, 20% konsumtif,” papar Donna.

Ia pun menargetkan hingga akhir tahun 2017, total pinjaman yang dapat disalurkan di Jateng dapat mencapai sebesar Rp 20 miliar. Adapun target khusus kontribusi terbsesar dari Yogyakarta dan Semarang yakni diharapkan mampu menembus masing-masing sebesar Rp 6 miliar.

“Kalau diperinci untuk selain Yogyakarta dan Semarang, yakni sebesar Rp 3 miliar masing-masing dari Solo dan Klaten, sisanya dari Magelang sebesar Rp 2 miliar. Kami melayani masyarakat yang selama ini belum memiliki akses ke perbankan maupun lembaga pembiayaan lainnya,” ungkap Donna.

Selain itu, UangTeman juga sedang dalam proses pendaftaran diri di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rimba Laut, Head of Public & Government Rekations UangTeman, mengatakan pendaftaran tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar. “UangTeman sudah mendaftarkan diri untuk mendapat lisensi dari OJK sejak Januari lalu, prosesnya bisa memakan waktu sampai enam bulan. Kita serius menjalankan ini maka kita sudah lengkapi semua berkas yang dibutuhkan OJK untuk syaratnya karena ini juga untuk kenyamanan semua pihak,” ujar Rimba.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)