UCWeb - Lazada Rilis Konsumsi Konten Ramadan 2018

UC Browser, mobile browser dan penyedia konten  di Indonesia menggandeng Lazada dalam menyediakan laporan  konsumsi konten selama Ramadan tahun 2018. Laporan ini memberikan informasi terkait konsumsi konten dan kebiasaan berbelanja online masyarakat selama bulan Ramadan.

Berdasarkan dari laporan, terdapat 6 miliar page views yang diakses melalui UC Browser selama Ramadan, dengan lebih dari 800 penyedia konten dan hampir 600 ribu artikel. Dari data penjualan Lazada di bulan Ramadan ada enam kategori produk teratas dalam penjualan adalah fesyen, kesehatan dan kecantikan, ponsel pintar, tas, jam tangan dan kacamata, dan produk bayi. 

Hal ini juga sejalan dengan temuan dari UC Browser, lima besar kategori artikel paling popular, yaitu gaya dari selebriti, model hijab bagi wanita, dan koleksi pakaian Muslim. Kategori lainnya yang popular, yaitu informasi terbaru dari selebriti di bulan Ramadan dan flash sale ponsel pintar.

Kompetisi penjualan ponsel pintar sangat ketat dan Xiaomi, Samsung, Asus dan Infinix sukses menjadi empat besar merek dengan penjualan terbanyak selama Ramadan. Dan konsumen ternyata sangat menjaga penampilan dan citranya serta sangat memperhatikan gaya dari selebriti favoritnya.

Topik yang hangat dibicarakan: Jakarta merupakan kota paling popular dan kereta api menjadi armada transportasi yang paling populer. Kereta api menjadi armada transportasi yang paling popular dibicarakan selama bulan Ramadan dengan indeks popularitas lebih dari 4,1 juta. Pesawat terbang, kapal, dan bus menempati posisi kedua, ketiga, dan keempat dalam daftar dengan indeks popularitas masing-masing 4,05 juta, 1,28 juta, dan 655 ribu.

UC Browser meraih 6 miliar page views selama Ramadan, lebih dari 800 distributor konten dan hampir 600 ribu artikel yang berkaitan dengan Ramadan. Dengan rata-rata waktu yang dihabiskan oleh pengguna mengakses UC Browser adalah 40 menit yang mana 1,5 kali lipat dari Chrome dalam rentang 11 Mei hingga 20 Juni 2018. 

Tersedianya berbagai informasi yang sangat bervariasi dalam platform UC Browser jelas merupakan alasan utama pengguna menggunakan platform ini di bulan Ramadan. Rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna mengakses UC Browser adalah 40 menit dan berdasarkan data yang terlihat di App Annie, waktu tersebut hampir 1,5 kali dari rata-rata yang pengguna habiskan melalui Chrome dari kurun waktu tanggal 11 Mei hingga 20 Juni 2018. Selain itu, click-to-open-rate UC Browser selama Ramadan adalah 58%, 61% lebih tinggi dari click-to-open-rate Opera yang berkisar di angka 36%, dan 26% lebih tinggi dari Chrome yang berada di angka 46%.

“Melalui kerja sama dengan Lazada, kami berharap dapat menggali lebih dalam apa saja hal-hal menarik dari para pengguna. Dengan teknologi big data dan lebih dari 40 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia, UC Browser dapat semakin meningkatkan keuntungan dari sisi teknologi, jumlah pengguna, dan kerj asama dengan unit lain dari bisnis Grup Alibaba untuk menyediakan informasi berharga terkait konsumen.,” ujar Damon Xi, General Manager UCWeb Indonesia dan India, Alibaba Digital Media and Entertainment Group. Xi menegaskan pihaknya akan terus bekerja meningkatkan penyediaan data kepada para penyedia konten dan para pengiklan dengan menggali tren konten dan pengguna secara berkala dalam ekosistem digital.

Sebagian data yang UCWeb berikan berasal dari UC Trends, yaitu platform penyedia data dan indeks tren dari UCWeb yang telah diluncurkan secara resmi di India dan menyusul akan dapat diakses di Indonesia. Blogger We-Media semakin berpengaruh dalam memberikan konten-konten bermanfaat. Blogger UC-We-Media telah memberikan begitu banyak artikel yang menarik dari berbagai sudut pandang untuk memenuhi keinginan pengguna.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)