Management Trends

Ultah Satu Tahun, Shopee Rayakan Pencapaian Transaksi USD 1,8 Miliar

Ultah Satu Tahun, Shopee Rayakan Pencapaian Transaksi USD 1,8 Miliar
shopee1tahun

Mencatat kinerja cemerlang di usia yang baru menginjak satu tahun, nampaknya menjadi kebanggaan tersendiri bagi e-commerce di tengah persaingan yang sangat ketat ini. Menginjak usia ke-1 bulan ini, Shopee merayakan pencapaian kinerja yang ciamik itu dengan memberikan apresiasi ke pelanggan. Di tahun pertamanya, perusahaan e-commerce ini berhasil mencatat total nilai transaksi sebesar USD 1,8 miliar. Pertumbuhan transaksi pun sangat luar biasa, tumbuh 43% setiap bulannya dalam kurun waktu satu tahun.

Shopee memberikan apresiasi kepada para penggunanya melalui kampanye “Paling Murah” yang menawarkan diskon hingga 95%, lebih murah dari Harbolnas untuk produk unggulan. “Pencapaian luar biasa yang diraih oleh Shopee pada satu tahun pertama ini memberikan motivasi bagi kami untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi para pengguna,” ujar Rainal Lu, Direktur Pengelola Regional Shopee.

Pencapaian ini sekaligus menegaskan bahwa mobile commerce (m-commerce) yang didirikan di Singapura ini menjadi yang terpercaya di Asia Tenggara dan Taiwan. “Sementara di Indonesia sendiri, kami optimis dapat mencapai target dan berkembang dengan pesat,” imbuhnya. Sayang target angka untuk Indonesia tidak mau disebutkan Rainal. Menggunakan tagline “Serve, Reward, Award” pada ulang tahunnya itu, menegaskan komitmen Shopee di Indonesia untuk melayani konsumen melalui penyediaan aplikasi jual beli yang mudah dan nyaman digunakan, serta melalui program ongkos kirim gratis.

Dalam kampanye baru itu, pengguna aplikasi belanja ini bisa menikmati belanja di Shopee yang diselenggarakan selama dua minggu 1-14 Desember 2016. Di acara tersebut, juga diadakan pemberian penghargaan khusus sebagai bentuk apresiasi kepada para pengguna yang telah setia menggunakan Shopee.

Di Indonesia, Shopee telah diunduh sebanyak tujuh juta kali dalam kurun waktu satu tahun. Dan, pengunduh membuka aplikasi ini sebanyak 26 kali sebulan dalam waktu 31 menit sehari. “Angka ini menempatkan pengguna Indonesia sebagai pengguna yang paling aktif dibandingkan dengan enam pasar lainnya di Asia Tenggara dan Taiwan,” ia mengungkapkan. Shopee in-app chat yang merupakan salah satu fitur unggulan Shopee menjadi fitur yang aktif digunakan oleh para pembeli, di mana 75% di antara mereka menggunakan fitur tersebut untuk melakukan order dan chat dengan penjual, seperti menanyakan keterangan produk dan stok hingga mencari tahu kredibilitas penjual.

Pengguna di Indonesia menikmati interaksi yang berjalan pada aplikasi belanja online, di mana hal tersebut diperlihatkan melalui tingginya jumlah pembeli. Sebesar 70% pembeli mengikuti akun penjual guna mendapatkan info produk terbaru dan menggunakan trending hashtag untuk selalu mendapatkan update.

Rainal Lu mengatakan, pada 2016 telah menjadi tahun yang spesial dengan pencapaian yang luar biasa bagi Shopee. “Kami optimis dapat memperoleh hasil yang baik pada 2017 mendatang, dengan mempertahankan pencapaian pertumbuhan sebesar dua digit. Di samping itu, kami juga akan terus berupaya mengoptimalkan kualitas produk, meningkatkan kepuasan pengguna dan memberdayakan para pengusaha untuk memperluas dan mengembangkan bisnis online mereka bersama Shopee,” katanya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved