UMKM Binaan Bandara Ngurah Rai Nikmati Program Kemitraan Rp 1,26 Miliar

Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai menyalurkan Rp 1,26 miliar dana Program Kemitraan kepada 15 mitra binaan yang diserahkan oleh General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado, Kamis (22/10).

“Penyaluran dana Program Kemitraan, yang merupakan salah satu program rutin perusahaan 

sejak tahun 1992 ini bertujuan untuk mendorong peningkatan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Melalui program pinjaman lunak ini kami bertekad untuk dapat berperan aktif, rutin, dan berkesinambungan memajukan roda perekonomian masyarakat,” ujar Herry. 

Sebagai perusahaan yang bernaung di bawah Kementerian BUMN, Angkasa Pura I, menurut Herry, memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam program pemerintah untuk dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan. 

Dari 15 mitra binaan yang menerima dana Program Kemitraan kali ini, 8 mitra bergerak di bidang perdagangan, 3 di sektor industri, 3 mitra di sektor jasa, dan 1 mitra dari bidang peternakan. Kabupaten Badung menjadi wilayah dengan jumlah penerima terbanyak, dengan 6 penerima, disusul 4 mitra dari Kabupaten Tabanan, 3 mitra dari Kabupaten Gianyar, sedangkan Kota Denpasar dan Kabupaten Klungkung dengan masing-masing 1 mitra.

Dengan tambahan penyaluran dana Program Kemitraan di tahun 2020, Angkasa Pura I telah merealisasikan program dana Program Kemitraan senilai Rp 51.515.750.000 yang  telah tersalurkan kepada lebih dari 1.500 bidang usaha skala kecil, mikro, dan menengah yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Bali.

Angkasa Pura I, lanjut Herry, secara rutin dan konsisten menyalurkan dana Program Kemitraan kepada mitra binaan sebagai perwujudan dari salah satu misi perusahaan, yaitu menjadi mitra pemerintah dan penggerak pertumbuhan ekonomi. Dibandingkan dengan pinjaman dari bank konvensional, dana bantuan Program Kemitraan ini bersifat lebih memudahkan bagi para mitra usaha yang mayoritas bergerak di sektor UMKM.

Dengan jangka waktu angsuran selama 36 bulan, serta dengan bunga pinjaman tahunan yang lunak, program ini diharapkan dapat menjadi katalis bagi para mitra binaan untuk dapat semakin berkembang dan bersaing.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)