UMKM Binaan Dahana Mengekspor Arang

UMKM binaan PT Dahana (Persero) mengekspor arang ke Arab Saudi. (Foto : Istimewa).

Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mitra binaan PT Dahana (Persero) mengekspor perdana arang ke Arab Saudi. Pelepasan ekspor perdana arang sebanyak 20 ton ke Arab Saudi itu dilaksanakan pada awal pekan ini. Tono, pelaku usaha pembuatan arang asal Desa Cisaat Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, dengan ketekunannya mengembangkan usaha pembuatan arang membuahkan hasil manis dengan diserapnya arang produksi dirinya di pasar internasional dari mulai Tiongkok hingga Arab Saudi.

Direktur Keuangan & SDM Dahana, Asmorohadi, mengapresiasi UMKM Subang yang kembali mencatatkan sejarah lantaran produknya terserap pasar internasional. Sebelumnya, mitra UMKM binaan Dahana yang bergerak di bidang kerajinan tangan (handycraft) mengekspor produknya ke Jerman pada Februari 2020."Kabar gembira tentunya di tengah situasi pandemic, UMKM Subang masih bisa melaksanakan ekspor," ujar Asmorohadi dalam siaran pers di Subang, Jawa Barat, Rabu (16/9/2020).

Sebagaimana di ketahui, dampak pandemi ini melumpuhkan banyak sektor usaha. Banyak usaha-usaha yang tiarap bahkan gulung tikar. "Alhamdulillah, dari Desa Cisaat ini memunculkan harapan dan contoh bagi UMKM lain untuk terus berprestasi dimasa pandemi," ucap Asmorohadi.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Subang, H. Ruhimat, yang mengapresiasi semangat dan kerja keras Kang Tono yang tidak pantang menyerah mencari peluang dalam menjalankan usahanya sehingga akhirnya berbuah manis bisa melakukan ekspor arang ke Arab Saudi. “Pemerintah Kabupaten Subang siap mendukung kepada seluruh pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Subang," ungkap Ruhimat.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)