UMKM Expo(RT) BRIllianpreneur 2020 untuk UMKM Bangkit

Bank BRI kembali menggelar pameran industri kreatif UMKM Expo(RT) BRIllianpreneur 2020, 1-15 Desember, sebagai   puncak dari rangkaian HUT Bank BRI ke-125 dan  wujud upaya nyata mendorong kebangkitan UMKM melalui gerakan nasional #banggabuatanIndonesia.

“Sebagai bank yang memiliki fokus untuk pengembangan sektor UMKM, hingga saat ini Bank BRI telah membina pelaku UMKM Indonesia untuk mengikuti program naik kelas. Kita tahu bahwa produk kreasi UMKM Indonesia tidak hanya bernilai kreativitas dan ekonomi tetapi juga memiliki keunggulan kualitas yang dapat menembus pasar global. Program UMKM Expo (RT) BRIllianpreneur 2020 ini merupakan salah satu strategi kami dalam memberdayakan UMKM Naik Kelas dan mempersiapkan pelaku usaha untuk memasuki pasar global dan kami siap membantu mereka dalam mengekspor produk,” ujar

Direktur Utama BRI, Sunarso 

Digelar dengan konsep pameran hybrid;  dalam bentuk UMKM Virtual Exhibition & UMKM Showcase melalui berbagai instalasi seni Brillianpreneur2020 menurut Sunarso bertujuan untuk memberikan wadah dan menampilkan hasil karya produk terbaik UMKM Indonesia serta mendorong peningkatan daya saing UMKM agar dapat menembus pasar internasional. Program ini juga merupakan bentuk komitmen Bank BRI dan menjadi salah satu langkah strategi untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM untuk perluasan pasar ekspor.

Selain memamerkan lebih dari 400 UMKM yang berorientasi ekspor; fashion, home décor & craft, accessories & beauty dan food & beverage, yang telah  melewati serangkaian proses kurasi dari 8 kurator profesional, UMKM Expo(RT) BRIllianpreneur 2020 juga menggelar serangkaian kegiatan meliputi Business Matching dengan mempertemukan UMKM dengan para buyer  internasional secara virtual, Talk Show yang menghadirkan 63 pembicara dengan 27 topik pembahasan tentang akselerasi UMKM,  Coaching clinic dengan 10 pembicara dan 7 topik bahasan, bazaar online di Indonesia Mall BRI yang menampilkan produk industri UMKM peserta dari seluruh Indonesia yang dapat diakses melalui website , serta UMKM Award Pengusaha Muda BRILian dan UMKM Expo Terbaik.

Di masa pandemi, Bank BRI menyiasati gelaran UMKM Expo (RT) Brillianpreneur 2020 tahun ini dengan konsep Bazaar online yang dikemas dengan berbagai program diskon bagi nasabah Bank BRI dan menyelenggarakan Business Matching secara virtual dengan strategi tetap mengirimkan sampel produk F&B kepada para mitra di luar negeri.

Untuk menjangkau buyer  internasional UMKM Expo(RT) BRIllianpreneur 2020 dilengkapi dengan platform 3D Virtual Expo yang menampilkan  produk UMKM  dalam kemasan digital dan melakukan promosi ke calon pembeli di luar negeri baik di USA, Kanada, Amerika Latin, Eropa, Asia, dan Timur Tengah.

"Bank BRI berharap tetap dapat mengoptimalkan potensi ekspor produk UMKM dan peningkatan kapasitas baik produksi maupun kualitas pelaku UMKM. Dengan memanfaatkan momentum ini diharapkan UMKM Indonesia dapat bangkit melalui transformasi digital di masa pandemik dan produk Indonesia mampu menembus pasar global sehingga UMKM dapat meningkatkan transaksi ekspor Indonesia dan mendongkrak perekonomian nasional,” tutur Sunarso.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)