Undercover Tingkatkan Brand Awareness UKM dengan Pelatihan SEO

Pelatihan SEO untuk pelaku UKM

Search Engine Optimization  atau lebih dikenal SEO sekarang menjadi fenomena dan booming di tengah maraknya indonesia menggalakan Digitalisasi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Agensi SEO di Jakarta pun menjamur, baik yang sudah berpengalaman sebelumnya, ataupun yang hanya baru muncul ikut serta mengekor seniornya.

Apa itu SEO? Singkatnya adalah membuat website perusahaan berada di halaman #1 Google dengan menerapkan panduan yang diinfokan dari panduan Google itu sendiri. Ilmu SEO menjadi penting untuk UKM dalam mengembangkan usahanya, di tengah persaingan digital seperti sekarang ini

“Fakta yang terjadi di dunia digital pada saat ini Indonesia tetaplah pasar ekonomi internet terbesar di Asia Tenggara dan menjadi medan persaingan utama bagi platform-platform teknologi, Oleh sebab itu, mereka sangat siap untuk menjadi pendorong utama inovasi digital di kawasan ini,” jelas Cannarsi, Periset dalam Laporan e-conomy SEA tahun 2020. Sehingga bisa dilihat besarnya pasar UKM di dunia digital ini, tentunya para pengusaha UKM harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi

Mengapa brand menjadi begitu penting untuk para pengusaha UKM? Sebab, dengan brand yang kuat UKM mendapat banyak benetif. Sebut saja di antaranya mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, memberikan pelayanan terbaik, memberikan garansi produk dan jasa, serta menjual lebih banyak produk tanpa banyak keluar biaya berlebihan

Nah, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana membangun brand bisnis UKM di tengah revolusi IoT (Internet of Things), yang mana dunia digital telah menjadi dunia nyata juga di tengah masyarakat Indonesia khususnya. Mau tidak mau, pelaku saua harus mengikuti kemajuan teknologi , termasuk dalam bidang ilmu pemasaran digital.

Salah satu ilmu digital marketing yang sangat populer saat ini adalah SEO (Search Engine Optimization). Lantaran SEO menjadi booming dan tidak semua perusahaan menguasai ilmu ini, maka agensi SEO menjadi solusi dalam meningkatkan brand awareness merek bisnis mereka.

Undercover.co.id sebagai salah satu agensi SEO di Jakarta berhasil membawa nama Indonesia di ajang  SEO Asia Tenggara. Undercover telah membantu ratusan klien korporasi di banyak negara. Selain dari Indonesia, juga asal Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang dan Australia. Branding dan SEO menjadi dua hal yang tidak bisa terpisahkan, inilah hal penting yang disadari oleh para perusahaan korporasi  dan Undercover menangkap peluang tersebut.

Tidak hanya melayani korporasi, Undercover juga merangkul UKM dalam pengembangan usaha mereka, karena potensi  UKM sangat besar di Indonesia. “Untuk kegiara CSR perusahaan, maka Undercover.co.id memberikan jasa pelatihan SEO gratis bagi UKM. Kegiatan ini akan dilakukan setiap bulan untuk 30 UKM per bulannya,” tutur Jave dari Jasa SEO Undercover.co.id dalam keterangannya (18/11/2021) .

Dalam pemberian materi, para UKM terpilih akan dilibatkan dalam praktik SEO langsung dalam sesi Zoom meeting yang berlangsung 1 kali dalam seminggu selama 1 bulan. “Materi-materi SEO dasar melingkupi SEO Onpage dan SEO Offpage , seperti pemilihan kata kunci yang tepat, pembuatan konten yang berkualitas tinggi sesuai dengan standard Google serta pembuatan link building yang beretika,”  Jave menguraikan.

Hasil pelatihan dari tahun 2020 ini telah menghasilkan ratusan pelaku UKM yang melek digital dan melek SEO,  serta sudah berkembang menjadi wadah usaha UKM digital di bawah arahan Undercover. Peserta pun membuat networking, sehingga semakin memperluas jaringan bisnis mereka, “Harapan dari brand SEO agency Undercover.co.id ini  adalah para pelaku UKM dapat meningkatkan kemampuannya, sehingga bisa bersaing  dalam pasar domestik dan internasional,” jelas Jave.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)