Unilever Gunakan Teknologi Cloud dan AI dari Alibaba Cloud

Unilever, perusahaan multinasional produk konsumen, menjalin kemitraan dengan Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan intelijen Alibaba Group. Kemitraan ini telah diumumkan pada Alibaba Cloud Global Summit.

Nantinya, Unilever akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan teknologi berbasis cloud dari Alibaba Cloud untuk mengoptimalkan omni-channel serta proses pengumpulan permintaan secara online dan offline. Menggunakan analisis cerdas, solusi Alibaba Cloud akan membantu menyajikan wawasan yang terperinci dari pola dan perilaku pembelian pelanggan Unilever.

Intelijensi bisnis berbasis data ini dapat membantu Unilever mempercepat pembuatan kampanye pemasaran digital baru yang tepat sasaran. Teknologi ini juga memungkinkan Unilever untuk dapat memprediksi dengan lebih tepat dan cepat menanggapi perubahan kebiasaan pembelian pelanggan di berbagai platform.

Fang Jun, VP Data dan Digital Unilever China, mengatakan, melalui solusi ini, Unilever dapat mengoptimalkan proses pembelian konsumen melalui toko online Unilever di Taobao dan Tmall. Teknologi kecerdasan data dari Alibaba Cloud dapat dengan mudah diterjemahkan ke dalam wawasan konsumen, dan dapat memungkinkan Unilever untuk memperluas penawaran produk saat ini dan di masa depan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Wawasan mengenai permintaan pelanggan yang diantisipasi saat ini, juga akan menguntungkan rantai pasokan Unilever, serta memuluskan jalannya ke pasar.

“Pola pembelian pelanggan selalu berubah, informasi mengenai tempat & waktu mereka membeli bisa membuat pemasaran menjadi lebih gesit dan tepat sasaran, guna menjaga relevansi dan mengurangi pemborosan pemasaran. Penggunaan teknologi mutakhir Alibaba Cloud akan memastikan bahwa pelanggan dapat menikmati nilai tambah dari hubungan mereka dengan kami, melalui kampanye dan kegiatan yang relevan melalui informasi yang tepat mengenai preferensi pembelian mereka,” ujarnya.

Berbagai teknologi dari Alibaba Cloud yang mencakup pembelajaran mesin dan AI untuk mengenali pelanggan dan pola pasar antara lain: Dataphin, platform PaaS terpadu untuk pemrosesan dan manajemen informasi cerdas; DB Analytic, Online Analytical Processing (OLAP) mengelola layanan database cloud yang dapat memproses sejumlah besar informasi secara real-time; dan Quick BI, rangkaian analisis bisnis cerdas yang menghasilkan wawasan bisnis untuk perusahaan.

Selina Yuan, President of International Business Alibaba Cloud Intelligence, mengatakan, melalui kemitraan strategis ini, Alibaba Cloud akan mendukung Unilever untuk memanfaatkan teknologi-teknologi tersebut di masa depan.

"Solusi Alibaba Cloud memiliki kemampuan untuk menyajikan wawasan pelanggan yang dibutuhkan, dan kami siap mendukung Unilever untuk meraih kesuksesan dan membangun loyalitas merek dagang dengan pelanggannya di tengah pasar yang terus berkembang dan kompleks,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)