Unilever Luncurkan Bumbu Bango Kuliner Nusantara

Peluncuran Bango Bumbu Kuliner Nusantara

Indonesia tak hanya kaya akan budaya dan adat istiadat, tetapi juga memiliki kekayaan kuliner. Setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khas, sehingga jika berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas setempat. Terinspirasi dari kelezatan asli yang melegenda di berbagai daerah tersebut PT Unilver Indonesia Tbk meluncurkan “Bango Bumbu Kuliner Nusantara”.

Hernie Raharja,  Foods DirectorPT Unilever Indonesia Tbk., menginginkan
kelezatan asli pada suatu hidangan makanan di suatu daerah bisa dinikmati oleh masyarakat lebih luas. Sehingga pihaknya melakukan eksplorasi langsung ke daerah-daerah untuk mendapatkan citrarasa otentik yang bisa diaplikasikan ke dalam varian “Bango Bumbu Kuliner Nusantara”. Pasalnya, kunci dari kelezatan dari kuliner Nusantara terletak pada formulasi dari rempah-rempahnya untuk menghasilkan rasa yang otentik.

“Dari sana kami hadirkan empat varian produk yaitu Opor Ayam khas Cepu, Tongseng khas Solo, Soto Betawi khas Jakarta, dan Nasi Goreng Kambing khas Jakarta dan harganya kami bandrol Rp 6000/sachet,” ujarnya dalam acara peluncuran “Bango Bumbu Kuliner Nusantara”.

Keunggulan lainnya, dengan bumbu siap saji ini para ibu bisa dengan mudah dalam memasaknya yaitu cukup dengan tiga langkah sesuai petunjuk pada bagian belakang kemasan. “Dengan bumbu ini ibu-ibu bisa masak dengan praktis tetapi rasanya kelezatan asli,” jelasnya. Selain itu, produk ini juga telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Kemenpar & Unilever

Pada kesempatan yang sama, Bango dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) menandatangani surat perjanjian kerja sama yang mengukuhkan komitmen jangka panjang dari keduabelah pihak untuk terus melestarikan dan mempopulerkan warisan kuliner Nusantara.

Vita Datau selaku Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja, Kementerian Pariwisata Republik Indonesiaa, menyampaikan bahwa kerja sama tersebut dalam bentuk co-branding yang mana di seluruh kemasan ‘Bango Bumbu Kuliner Nusantara’ ada logo Pesona Indonesia. Kemitraan ini akan menguntungkan kedua belak pihak yang mana nantinya pemerintah ikut  mempromosikan produk ini baik di dalam maupun luar negeri diberbagai kesempatan.

“Kami juga sudah melakukan co-branding di 100 restaurant milik diaspora yang tersebar di seluruh dunia, tujuannya untuk memperkenalkan kuliner Indonesia ke mancanegara,” jelasnya.

Ia berharap produk ini dapat membantu memajukan pariwisata daerah-daerah yang memiliki daya tarik kuliner lewat pencantuman nama daerah asal dari setiap varian ‘Bango Bumbu Kuliner Nusantara’, dan mendorong kepopuleran dua dari lima ‘Makanan Nasional’ yang telah ditetapkan oleh Kemenpar RI, yaitu Soto dan Nasi Goreng.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)