Unit Layanan Paspor Ada di Lippo Mall Puri

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Jakarta Barat segera membuka gerai Unit Layanan Paspor Wilayah I di area pusat belanja Lippo Mall Puri, lantai Basement.  Dengan luas area lebih dari 400 m2, gerai ini akan beroperasi pada jam kerja hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08:00 WIB sampai dengan 16:00 WIB.

Pada tahap awal, gerai Unit Layanan Paspor akan melayani permohonan paspor biasa yakni baru dan penggantian bagi seluruh warga negara Indonesia. Pemohon yang hendak mengajukan permohonan dapat melakukan pendaftaran antrian online/ booking melalui aplikasi Antrian Paspor Online atau melalui website.

Proses permohonan paspor akan dilakukan secara one stop service, di mana pemohon yang telah memiliki nomor antrian akan mendapat kesempatan untuk melakukan pembuatan paspor dengan proses penyerahan berkas, entri data dan wawancara pada hari yang sama. Setelah itu pemohon akan di berikan tanda terima untuk pembayaran melalui bank persepsi dan Kantor Pos yang dapat dilakukan di mana saja, tergantung kemudahan pemohon. Adapun biaya pembuatan paspor sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 45 tahun 2016 tentang jenis dan tarif PNBP pada Kementerian Hukum dan HAM adalah Rp 355 ribu  untuk biaya pembuatan paspor biasa 48 Halaman.

Paspor akan dapat diambil tiga hari kerja setelah pembayaran. Diharapkan nantinya gerai Unit Layanan Paspor tersebut  dapat menampung kuota hingga 250 pemohon setiap harinya untuk dapat menampung permintaan pemohon paspor Republik Indonesia.

Rita Yovita Mal Direktur Lippo Mall Puri, mengatakan, unit layanan untuk pengurusan paspor  yang pertama di mal ini menjadi kebanggaan pengelola Lippo Mall Puri. “Seperti diketahui bahwa peningkatan travellers dunia di Asia mengalami kenaikan antara 6-9%. Selain itu banyaknya acara dan pameran travel fair membuktikan bahwa saat ini lebih banyak orang berpergian. Di LMP sendiri dalam 1 tahun ada pameran travel sebanyak 4 kali dengan fenomena ini menunjukkan bahwa kebutuhan akan pembuatan dan perpanjang paspor akan semakin meningkat. Untuk itu dengan hadirnya gerai unit paspor di mal kami akan menambah variasi layanan bagi pengunjung,” ujarnya. 

Ia mengatakan, gerai layanan paspor ini merupakan gerai layanan publik yang ke-3 setelah sebelumnya hadir layanan gerai SIM dan Samsat, hal ini merupakan komitmen kami ikut aktif dalam mengedepankan dan menghadirkan layanan publik ditengah masyarakat. “Kami juga berharap dapat menjadikan LMP sebagai tempat favorit bagi pengunjung, dan kerjasama ini berjalan dengan baik sehingga memberikan kontribusi dalam hal layanan publik kepada masyarakat,”  imbuhnya. 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)