Upaya Aqua Japan Jadi Merek Pilihan Konsumen

Tiap tahun merek Aqua Japan mengalami peningkatan penjualan. Kuncinya pada inovasi produk dan terus meningkatkan kualitas layanan penjualan yang berfokus pada kebutuhan konsumen saat ini. Head of Marketing Department Aqua Japan Indonesia Glenn Manengkei mengatakan bahwa kepercayaan yang diberikan konsumen semakin besar.

“Secara branding, orang semakin mengenal brand Aqua Japan dengan baik dibanding sebelumnya. Lalu secara sales, perusahaan juga memiliki tren positif yang selalu meningkat pencapaiannya dengan organic growth hingga 30% dari tahun ke tahun,” ungkap Glenn. Ia menambahkan bahwa saat ini mereka tersebut Japan telah memiliki puluhan jaringan distribusi, cabang, serta agent, dan ratusan jaringan service, ditambah hampir 500 outlet penjualan di seluruh Indonesia.

“Hal tersebut membuktikan bahwa konsumen Indonesia semakin percaya terhadap berbagai produk Aqua Japan,” ujar Glenn. Produk elektronik dan home appliance ini dinilai Glenn konsisten dalam melakukan strategi pemasaran melalui seluruh aset saluran digital yang telah dimiliki untuk mengomunikasikan produk, program promosi dan berbagai keunggulannya. Optimalisasi produk dalam memanfaatkan media digital membuahkan hasil dengan peningkatan popularitas merek yang semakin tinggi. Belum lama ini brand tersebut meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 untuk produk lemari es, penghargaan yang digagas Tras n Co, Infobrand.id dan IMFocus.

Aqua Japan terus berinovasi dan memberikan apa yang dibutuhkan konsumen. Dari kategori lemari es antara lainkapasitas luas, berbagai macam fitur teknologi, serta desain yang elegan dan menarik tentu menjadi pertimbangan konsumen memilih produk selain dari faktor harga yang kompetitif.

Head of Product Planning Department Aqua Japan Indonesia Meiriano Ullman mengungkapkan bahwa dalam melakukan inovasi, pihaknya mencoba melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen. “Kami selalu mencoba untuk melakukan riset di pasar, agar kami bisa mengetahui kebutuhan konsumen dalam memilih produk yang dibutuhkan. Kemudian memberikan produk yang dapat diterima oleh masyarakat Indonesia dalam segi feature, design, dan kapasitas produk,” ungkap Meiriano.

Aqua Japan mencoba untuk melengkapi setiap line up dari tiap produk kategori dengan produk unggulan. Contohnya seperti di Kulkas 1 pintu yang memiliki 6 tipe design flower dengan kapasitas yang berbeda, kulkas 2 pintu standard ada tipe AQR-D275R(WBK) yang memiliki compartment ASI Room dan cosmetic box, dan ada juga Tipe Magic Cooling yang memiliki comparment terpisah yang dapat diatur suhunya sesuai kebutuhan dari 5˚C ~ -18˚C.

Untuk menjaga engagement dengan konsumennya, digelar berbagai program promo, salah satunya program Sell Out. Dan selama bulan Ramadan hingga paska Idul Fitri, diadakan promo bertema ‘Tabur Berkah’ dengan hadiah mulai dari voucher belanja hingga Rp 1,5 juta dan give away hingga Rp 850 ribu. "Promo yang kami berikan cukup panjang waktunya, sejak bulan Ramadan, jelang Idul Fitri, hingga pasca Idul Ftri (April-Juni), sehingga konsumen dapat menikmati promo-promo kami lebih lama,” tambah Glenn. 

Promo ini juga menawarkan perpanjangan garansi yang diyakini Meiriano tidak ditawarkan brand lain. Beberapa poin garansi diperpanjang di antaranya garansi untuk kompresor kulkas yang sebelumnya diberikan hanya 10 tahun, bertambah menjadi 12 tahun dan penambahan masa garansi yang cukup lama khususnya bagi part kompresor yang dari sebelumnya 5 tahun bertambah menjadi 10 tahun untuk produk AC. “Ini adalah bentuk kepedulian sekaligus inovasi layanan yang diberikan dan tidak ditemukan pada brand lain. Hal ini bertujuan agar konsumen tetap merasa tenang dan aman menggunakan produk kami,” jelas Meiriano.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)