Trends

Upaya JD.id Mengembangkan Bisnis E-commerce

JD.id platform e-commerc merayakan hari jadinya ke-5 di Indonesia. Melalui slogan #DijaminOri, JD.id memperkuat kepercayaan atas jaminan keaslian produk bagi para pelanggan di Indonesia. Langkah ini merupakan upaya untuk memuaskan pelanggan di tengah ketatnta persaingan bisnis e-commerce.

“Di tengah adopsi digital yang makin luas saat ini, kami terus mengembangkan strategi dan inovasi dalam menghadapi tantangan yang akan terjadi di masa mendatang. Di sisi lain, kami juga secara berkelanjutan menyelenggarakan rangkaian kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat Indonesia, serta aktif berpartisipasi dalam gerakan pemerintah untuk membantu pertumbuhan UMKM di Indonesia. Saya yakin hal ini dapat dijadikan sebagai momentum bagi brand lokal untuk ikut serta menawarkan produk mereka, dengan kualitas terbaiknya,” ujar Sandy Permadi, Chief Financial Officer JD.id.

Untuk itu JD.id menggelar kampanye #AdvancingIndonesia sebuah langkah kolaborasi JD.id dengan perusahaan induknya, JD.com dalm mengembangkan banyak terobosan digital, mencari peluang untuk meningkatkan potensi sektor ekonomi. Lalu JD.id mencoba untuk mendorong pasar regional untuk menyediakan lebih banyak akses ke pengguna, membangun lebih banyak kehadiran gerai offline agar lebih dekat dengan para pelanggan, serta menciptakan kenyamanan dan ketenangan pikiran bagi para pelanggan saat berbelanja.

Untuk lebih meningkatkan kepercayaan dan meningkatkan pengalaman berbelanja para pelanggan sepanjang tahun, JD.id memiliki beragam penawaran unik, seperti kontrol kualitas logistik dari ujung ke ujung, model O2O (online to offline) inovatif untuk gerai online sekaligus offline, serta platform marketplace yang dikurasi. Hal ini mengarah pada pengiriman yang aman dan kualitas produk yang lebih baik. Upaya lain seperti menciptakan nilai tambah bagi pasar e-commerce Indonesia dengan mensinergikan pengalaman belanja online dan offline, serta mendorong digitalisasi UMKM untuk berkontribusi lebih bagi perekonomian bangsa.

Leo Haryono, Chief Marketing Officer JD.id mengatakan pihaknya menyadari pandemi masih dirasakan entah sampai berapa tahun ke depN, maka dari itu JD.id terus berusaha untuk memaksimalkan pengalaman berbelanja para pelanggan sehingga mereka dapat berbelanja dari rumah dengan nyaman dan bebas repot.

Pada tahun 2020, JD.id berhasil meraih prestasi dan meningkatkan penjualan signifikan, terutama pada saat program kampanye 10.10, 11.11, dan 12.12, maka tahun ini JD.id akan terus mengembangkan kapabilitasnya dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, terpercaya, dan andal bagi seluruh pelanggan, agar aktivitas belanja menjadi lebih mudah, aman, dan nyaman.

Industri e-commerce berkembang sangat pesat, termasuk di Indonesia, hal ini disebabkan banyaknya pilihan marketplace sejenis, peningkatan kesadaran akan e-commerce, tumbuhnya literasi digital di tengah masyarakat Indonesia, serta adanya dukungan pemerintah terhadap UMKM agar berbisnis secara digital dengan modal yang rendah.

“Namun, hal ini harus diimbangi dengan kepercayaan dan kenyamanan dalam pengalaman berbelanja yang diberikan oleh e-commerce kepada para pelanggan dan juga mitra penjual (seller). Adaptasi kebiasaan baru dengan berbagai perubahan perilaku masyarakat menuntut pelaku bisnis untuk terus memahami tren dan perilaku konsumen, baik sebelum maupun selama pandemi,” dijelaskan oleh Danang Arradian, Ketua Forum Wartawan Teknologi yang hadir dalam diskusi virtual ini juga.

Di samping kenyamanan pelanggan untuk berbelanja di platform mereka, JD.id juga memahami bahwa situasi pandemi masih menjadi perhatian kolektif dan dengan bencana alam yang saling terkait. Menyadari hal tersebut, pada Januari silam, JD.id dan Kitabisa.com berkolaborasi membuat kampanye sosial filantropi bernama JD Peduli #JDforID. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak bencana alam yang terjadi sejak awal tahun 2021.

“Per 24 Maret 2021, total donasi JD Peduli #JDforID yang telah terkumpul adalah sebesar Rp 167.824.436. Periode pengumpulan donasi ini masih berlangsung hingga kini, dan akan diserahkan langsung kepada para korban paling lambat tanggal 28 Maret 2021, bertepatan dengan hari jadi ke-5 JD.id Selain donasi dalam bentuk uang tunai, JD.id juga memberikan 2.200 pakaian dan tas untuk para korban bencana alam tersebut,” imbuh Leo.

Menurut Leo, ulang tahun ke-5 menandai pencapaian kolektif, tantangan, dedikasi, dan upaya dari karyawan, mitra, dan para pelanggan agar perusahaan berkembang menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Dan untuk merayakan HUT-nya, JD.id menawarkan origram promo seperti Pasti Diskon 50%, Flash Sale Rp 5, Top Brand & Seller Setiap Hari, Cashback 5x, Gratis Ongkir dan voucher miliaran.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved